Call Number | T-0127 |
Collection Type | Tesis |
Title | Perancangan Sistem Client/ Server Untuk Pemrosesan Data Akademik Di Universitas Lampung |
Author | Suhendro Yusuf Irianto; |
Publisher | Jakarta: Pascasarjana MTI UI, 1999 |
Subject | Data processing service centers; Client/server computing--Databases. |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
T-0127 | 98/8395 | TERSEDIA |
Penerapan sistem client/server di Universitas Lampung merupakan hal yang perlu segera dilaksanakan untuk memaksimalkan pemanfaatkan teknologi informasi dalam pemrosesan data akademik. Pemrosesan data akademik dengan menerapakn jaringan client/server ditujukan untuk mengatasi berbagai masalah dan hambatan yang terjadi serperti dalam hal kelambatan dalam pemrosesan, tidak terjaminnya keaslian data, sulitnya validasi dan koreksi jika terjadi kesalahan pada data tersebut. Integrasi jaringan lokal yang terdapat di setiap fakultas menjadi jaringan intranet Universitas akan menjamin pemrosesan data secara keseluruhan menjadi lebih efisien dan produktif karena semua proses dikerjakan secara on-line. Dengan menggunakan sistem client/server dan pemrosesan terpusat, maka manajemen jaringan termasuk didalamny asistem keamanan dan backup akan menjadi mudah. Pendekatan yang digunakan untuk merealisasi Teknologi Informasi UPT Pukom dengan basis client/server adalah dengan menggunakan metodologi TOP DOWN MODEL. Pemilahan secara jelas fungsi client/server dan model data menjadi acuan bagi rancangan sistem. Untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan penerapan sistem client/ server ini di Universitas Lampung, maka perlu dibentuk unit kerja baru yang disebut dengan End User Support. Fungsi unit kerja ini pada prinsipnya adalah untuk membantu pemakai dalam hal menampung segala permasalahan yang terjadi dan mencoba solusi terbaik bagi masalah tersebut. Fokus pembahasan ditekankan untuk menghasilkan suatu model yang dapat diterapkan untuk lingkungan kerja yang melibatkan banyak bagian (fakultas) dimana tingkat pengetahuan pemakai sangat terbatas. Eskalasi masalah Database History event menjadi kunci dalam penerapan tingkat pelayanan yang diinginkan.