Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KP-0715 (softkopi KP-279) (sckp-analisa)
Collection Type Kerja Praktek (KP)
Title Perancangan enterprise customer information system (E-CIS) PT. Bank Central Asia Tbk
Author Afaf Munawwarah;
Publisher Depok: FASILKOM UI, 2005
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KP-0715 (softkopi KP-279) (sckp-analisa) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 10731
ABSTRAK ”Perancangan Enterprise Customer Information System (E-CIS) PT. Bank Central Asia Tbk.” Sebagai badan usaha yang bergerak di bidang perbankan, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melayani nasabah, sesuai dengan fungsinya sebagai bank transaksional maupun sebagai lembaga intermediasi finansial. Untuk mendukung kontinuitas bisnis dan kekuatan kompetitif perusahaan, BCA menerapkan pemakaian teknologi strategis untuk memaksimalkan efisiensi operasional dan menyempurnakan pelayanannya terhadap nasabah. Layanan yang diberikan BCA kepada nasabahnya cukup luas, sehingga aplikasi atau sistem yang digunakan untuk mendukung layanan tersebut sangat beragam. Saat ini, sistem-sistem yang digunakan oleh BCA terimplementasi dalam bahasa pemrograman dan platform yang berbedabeda. Setiap sistem memiliki basis data tersendiri dan diimplementasikan dengan teknologi yang juga berbeda-beda. Dampak negatif dari keadaan seperti ini adalah tersebarnya data nasabah pada berbagai sistem dan basis data dengan platform yang berbeda dan tidak terintegrasi, sehingga untuk mencari seluruh data mengenai seorang nasabah, pihak manajemen BCA diharuskan mengakses sistem yang berbeda-beda. Hal ini tentunya merupakan hambatan bagi BCA dalam efisiensi memberikan layanan kepada nasabah, apalagi saat ini BCA mengalami penambahan nasabah dengan rate yang cukup tinggi. Kerja praktek dengan topik “Perancangan Enterprise Customer Information System (ECIS) PT Bank Central Asia Tbk” adalah solusi untuk mengatasi permasalahan di atas. Kerja praktek ini bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem berbasis web yang bersifat single view customer, yang dapat menampilkan seluruh data seorang nasabah hanya dengan satu kali inquiry saja. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metodologi Waterfall, dengan pendekatan Model-Driven Development. Tahap yang dilakukan dalam kerja praktek ini hanya tahap analisis dan desain sistem. Tahap implementasi dan testing tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan ruang lingkup pengerjaan yang besar. Hasil dari kerja praktek ini adalah dokumentasi analisis dan desain E-CIS. Dokumentasi ini nantinya digunakan sebagai salah satu acuan oleh pihak production, yaitu pihak yang ditentukan oleh BCA dalam mengimplementasikan E-CIS.