Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1020 (Softcopy SK-501)
Collection Type Skripsi
Title Aplikasi teori sinyal pada e-commerce marketing channel: pengaruh persepsi kualitas website universitas terhadap persepsi kualitas pendidikan dan intensi pendaftaran universitas
Author Fanny Rofalina;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2012
Subject e-commerce
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1020 (Softcopy SK-501) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 37032
Revolusi dunia web telah mengangkat popularitas e-commerce sebagai sebuah marketing channel baru dan handal bagi organisasi. E-commerce marketing channel adalah media yang sepenuhnya dimediasi dengan teknologi informasi, memapaskan atribut intrinsik jasa, dan menciptakan asimetri informasi. Asimetri informasi dapat mengurangi kemampuan konsumen untuk mengevaluasi jasa secara efektif sehingga menimbulkan tantangan ke penyedia jasa. Teori sinyal menyediakan kerangka untuk memahami bagaimana atribut ekstrinsik (sinyal) dapat digunakan oleh penyedia jasa untuk mengkomunikasikan informasi kualitas jasa ke konsumen. Penelitian ini mengajukan model untuk menginvestigasi bagaimana kualitas website universitas sebagai sinyal mempengaruhi persepsi kualitas pendidikan universitas sebagai jasa komersil. Melalui pemetaan fitur beberapa website resmi universitas di Indonesia, penelitian ini kemudian membagi kualitas website universitas menjadi beberapa dimensi, yaitu reliability, responsiveness, functionality, ease of use, information quality, dan visual appeal. Kuesioner disebarkan ke siswa kelas 12 SMA se-Jabodetabek untuk mengobservasi kualitas website universitas berdasarkan dimensi tersebut. Dari hasil analisis terhadap 117 kuesioner valid yang diterima dan diolah, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi kualitas website universitas mempengaruhi persepsi calon mahasiswa terhadap kualitas pendidikan universitas, yang kemudian mempengaruhi intensi pendaftaran ke universitas.