Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-1035 (Softcopy T-743) Source Code T-178
Collection Type Tesis
Title Klasifikasi alzheimer's disease, mild cognitive imapairment dan normal dengan menggunakan complete local binary pattern pada citra otak MRI
Author Devvi Sarwinda;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2013
Subject Analisis tekstur, penyakit Alzheimer, mild cognitive impairment, local binary pattern, seleksi fitur, magnetic resonance image (MRI), hippocampus.
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-1035 (Softcopy T-743) Source Code T-178 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 40908
ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Devvi Sarwinda Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Klasifikasi Alzheimer’s Disease, Mild Cognitive Impairment dan Normal dengan Menggunakan Complete Local Binary Pattern pada Citra Otak MRI Alzheimer dikategorikan sebagai salah satu dimensia berat dengan bentuk otak yang mengalami penyusutan dan volume otak berkurang secara keseluruhan. Selain itu, Alzheimer juga mengakibatkan terjadinya atrophy pada bagian hippocampus. Korelasi antara penyusutan bentuk otak dan berkurangnya volume juga mempengaruhi perubahan bentuk tekstur. Pada penelitian yang diusulkan, perluasan dari Local Binary Pattern (LBP) sebagai ekstraksi fitur diperkenalkan. Complete Local Binary Pattern of Sign and Magnitude (CLBPSM) dan Complete Local Binary Pattern of Sign and Magnitude from Three Orthogonal Planes (CLBPSM-TOP) diperkenalkan sebagai deskriptor ekstraksi fitur 2D dan 3D. Dikarenakan fitur yang begitu banyak dihasilkan, maka Principal Component Analysis (PCA), kernel PCA dan Factor Analysis (FA) digunakan sebagai salah satu metode seleksi fitur. Selanjutnya, lima buah classifier digunakan untuk klasifikasi binary class dan multiclass dari Alzheimer, mild cognitive impairment dan normal pada bagian keseluruhan otak dan hippocampus. Hasil eksperimen dengan tiga buah skenario menunjukkan bahwa metode CLBPSM dan CLBPSMTOP mampu memberikan hasil akurasi dan performance yang lain dengan nilai rata-rata antara 70% - 100% untuk bagian keseluruhan otak dan hippocampus. Pendekatan CLBPSM-TOP sebagai deskriptor 3D juga menggungguli metode LBP-TOP pada studi literatur dengan rata-rata kenaikan akurasi sebesar 30% untuk semua klasifikasi. Kata Kunci: Analisis tekstur, penyakit Alzheimer, mild cognitive impairment, local binary pattern, seleksi fitur, magnetic resonance image (MRI), hippocampus.