Analisis Sentimen Dan Pemodelan Topik Pada Ulasan Aplikasi Digital KORLANTAS
Type: Karya Akhir (KA)
Pengarang | Stefanus James Aditya; |
Pembimbing | Harry Budi Santoso |
Kata Kunci | Education, Game-Based Learning, Game Development, Branch and Bound |
Tahun buku | 2019 |
Barcode RFID baru | 11568343 |
Tahun Angkatan | 2015 |
Progam Studi | Ilmu Komputer |
Lokasi | FASILKOM-UI; |
Tanggal Datang | 25/07/2019 |
Abstrak Indonesia | ABSTRAK Nama : Stefanus James Aditya Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Prototipe Game-Based Learning dengan Materi Branch and Bound Pembimbing : Harry Budi Santoso M.Kom., Ph.D. & Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal M.Sc. E-Learning merupakan proses pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, baik yang difasilitasi dengan jaringan internet maupun tidak. Penggunaan teknologi inipun menghasilkan dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positif berupa kemudahan akses pada informasi, sedangkan dampak negatifnya adalah membuat pelajar malas sehingga pembelajaran tidak efektif. Usaha yang dilakukan untuk mencegah dampak negatif ini adalah dengan menggunakan game. Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, survei mengenai tingkat kesulitan mata kuliah Desain dan Analisis Algoritma yang diisi oleh mahasiswa menunjukkan bahwa terdapat materi yang dirasa sulit. Penelitian dilakukan untuk membuat rancangan pembelajaran berbasis game untuk materi algoritma branch and bound dengan tujuan mempermudah pembelajaran. Pengumpulan kebutuhan dilakukan dengan menggunakan survei yang disebarkan secara daring, kemudian rancangan desain game dibuat berdasarkan kebutuhan yang diperoleh dan prinsip-prinsip pengembangan game. Game yang sudah dibuat kemudian dievaluasi dengan cara playtesting yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Evaluasi tersebut dilakukan untuk mendapatkan rancangan yang lebih baik untuk iterasi pengembangan berikutnya. Hasil dari playtesting game menunjukkan respon positif dari pemain dan banyak menerima kritik dan saran perbaikan. Penelitian ini menemukan bahwa rancangan pembelajaran berbasis game yang baik cukup sulit karena setiap elemen pada game harus seimbang dan saling komplemen, sehingga harus hati-hati dalam merancang desain game. Hasil playtesting menunjukkan bahwa game yang dikembangkan mendapat respon positif dari playtester. Kata kunci: Edukasi, Pembelajaran Berbasis Game, Pengembangan Game, Branch and Bound |
Judul | Pengembangan Prototipe Game-Based Learning dengan Materi Branch and Bound |
NPM | 1506738076 |
Abstrak English | ABSTRACT Name : Stefanus James Aditya Study Program : Computer Science Title : Game-Based Learning Prototype Development about Branch and Bound Counsellor : Harry Budi Santoso M.Kom., Ph.D. & Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal M.Sc. E-Learning is a learning process that utilize information technology, and can use the internet as its tool. The use of these technology has positive and negative impacts. One of the positive impacts is easy access for vast information, while the negative impacts make the students lazy thus resulting the learning ineffective. Previous work uses game to decrase the negative impacts. In Faculty of Computer Science Universitas Indonesia, a survey about Algorithm Design and Analysis course difficulty rating shows that there are some difficult subjects. This study discusses about how to design a game-based learning about branch and bound. Requirement gathering done by using online survey, then the game design is made by using requirement that previously gathered and game design theory. After the game deemed playable, the game will be evaluated by playtesting done by Faculty of Computer Science Universitas Indonesia students. The evaluation will be used to make a better design for next iteration of development. The result of playtesting shows positive feedbacks and receive critics and suggestions. This study finds that designing a good game-based learning is pretty hard because developer must carefully define all elements within the game, so that everything is balanced and complement to each other. The result of playtesting shows positive response to the game that being developed. Key words: Education, Game-Based Learning, Game Development, Branch and Bound |
Penguji 2 | Indra Budi |
Pembimbing 1 | R. Yugo K. Isal |
Fisik | xiv, 77 hlm; ill; 30 cm. |
Bahasa | Ind |
Lulus Semester | Genap 2018/2019 |
Penerbitan | Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universias Indonesia, 2019 |
No. Panggil | SK-1701 (Softcopy SK-1183) Source Code SK-682 |
Penguji 1 | Dadan Hardianto |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-1701 (Softcopy SK-1183) Source Code SK-682 | TERSEDIA |