Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1701 (Softcopy SK-1183) Source Code SK-682
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan Prototipe Game-Based Learning dengan Materi Branch and Bound
Author Stefanus James Aditya;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universias Indonesia, 2019
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1701 (Softcopy SK-1183) Source Code SK-682 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46697
ABSTRAK Nama : Stefanus James Aditya Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Prototipe Game-Based Learning dengan Materi Branch and Bound Pembimbing : Harry Budi Santoso M.Kom., Ph.D. & Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal M.Sc. E-Learning merupakan proses pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, baik yang difasilitasi dengan jaringan internet maupun tidak. Penggunaan teknologi inipun menghasilkan dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positif berupa kemudahan akses pada informasi, sedangkan dampak negatifnya adalah membuat pelajar malas sehingga pembelajaran tidak efektif. Usaha yang dilakukan untuk mencegah dampak negatif ini adalah dengan menggunakan game. Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, survei mengenai tingkat kesulitan mata kuliah Desain dan Analisis Algoritma yang diisi oleh mahasiswa menunjukkan bahwa terdapat materi yang dirasa sulit. Penelitian dilakukan untuk membuat rancangan pembelajaran berbasis game untuk materi algoritma branch and bound dengan tujuan mempermudah pembelajaran. Pengumpulan kebutuhan dilakukan dengan menggunakan survei yang disebarkan secara daring, kemudian rancangan desain game dibuat berdasarkan kebutuhan yang diperoleh dan prinsip-prinsip pengembangan game. Game yang sudah dibuat kemudian dievaluasi dengan cara playtesting yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Evaluasi tersebut dilakukan untuk mendapatkan rancangan yang lebih baik untuk iterasi pengembangan berikutnya. Hasil dari playtesting game menunjukkan respon positif dari pemain dan banyak menerima kritik dan saran perbaikan. Penelitian ini menemukan bahwa rancangan pembelajaran berbasis game yang baik cukup sulit karena setiap elemen pada game harus seimbang dan saling komplemen, sehingga harus hati-hati dalam merancang desain game. Hasil playtesting menunjukkan bahwa game yang dikembangkan mendapat respon positif dari playtester. Kata kunci: Edukasi, Pembelajaran Berbasis Game, Pengembangan Game, Branch and Bound