Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1865 Softcopy SK-1347
Collection Type Skripsi
Title Analisis Karakteristik Pengguna Berdasarkan Pengalaman Pengunaan Aplikasi dan Pengaruhnya terhadap Hasil Usability Testing: Studi Kasus Platform Shopee
Author Naomi Riana Lumban Gaol;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1865 Softcopy SK-1347 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48800
ABSTRAK Nama : Naomi Riana Lumban Gaol Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Karakteristik Pengguna Berdasarkan Pengalaman Pengunaan Aplikasi dan Pengaruhnya terhadap Hasil Usability Testing: Studi Kasus Platform Shopee Usability Testing merupakan salah satu metode pengujian perangkat lunak yang diterapkan dalam user-centered design. Dalam pelaksanaannya, usability test dipengaruhi oleh empat faktor: karakteristik pengguna, skenario task, prototipe sistem, serta lingkungan tempat pengujian. Karakteristik pengguna merupakan salah satu dari faktor yang pernah diuji. Dimensi yang diambil untuk pengujian karakteristik pengguna dapat berupa umur, bidangminatpekerjaanataupendidikan,sertakompetensipenggunaketikamenggunakan teknologi secara umum atau perangkat secara spesifik. Kompetensi pengguna adalah salah satu karakteristik yang memengaruhi kemampuan dan cara pengguna mengutilisasi produk untuk mencapai tujuannya. Terdapat penelitian sebelumnya yang mendefinisikan kehandalan partisipan sebagai prasyarat untuk usability testing tapi ada juga yang tidak mendefinisikan hal ini. Selain itu, penelitian sebelumnya kurang berfokus untuk menggali lebih dalam kebiasaan dan pengalaman pengguna yang dapat mendukung mereka untuk menyelesaikan skenario. Penelitian ini membahas bagaimana karakteristik dan preferensi yang dimiliki pengguna berdasarkan pengalaman dan kebiasaan mereka dalam berbelanja daring. Pengguna akan dibagi dalam empat tipe responden yang berbeda menurut pengalaman mereka menggunakan aplikasi belanja daring. Keempat tipe pengguna ini memiliki karakteristik dan preferensi yang berbeda ketika berbelanja. Mereka memiliki kebutuhan yang sama dan berbeda antar responden sehingga pengembang perlu mengembangkan sistem yang dapat memenuhi kebutuhan empat golongan responden tersebut. Karakteristik ini juga akan memengaruhi bagaimana mereka menyelesaikan skenario yang diberikan pada usability testing. Sebagai hasil, pengguna yang pernah menggunakan Shopee dapat menyelesaikan tahap pencarian barang dan proses checkout tanpa mengalami banyak masalah dan mengecek konfirmasi pemesanan dengan lebih cepat. Sebaliknya, pengguna yang belum pernah menggunakan Shopee sebelumnya akan menemukan lebih banyak masalah ketika mencari barang dan melakukan checkout dan membutuhkan durasi yang lebih lama untuk mengecek konfirmasi pemesanan. Katakunci: Usability testing, e-Commerce, karakteristik pengguna