Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1923 Softcopy SK-1405
Collection Type Skripsi
Title Perancangan Desain Antarmuka dan Evaluasi Usability untuk Fitur Sosial dengan Elemen Gamifikasi pada Duolingo
Author Puspacinantya;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1923 Softcopy SK-1405 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49054
ABSTRAK Nama : Puspacinantya Program Studi : Sistem Informasi Judul : Perancangan Desain Antarmuka dan Evaluasi Usability untuk Fitur Sosial dengan Elemen Gamifikasi pada Duolingo Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D & Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc, M.Bus Berkembangnya teknologi menyebabkan proses pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja karena adanya mobile-assisted language learning (MALL), salah satunya melalui aplikasi Duolingo. Aplikasi ini merupakan salah satu MALL yang sudah ada sejak tahun 2011 dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Playstore. Walaupun terbukti efektif untuk pembelajaran, namun interaksi sosial antar pengguna di dalam aplikasi masih perlu penyempurnaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberi solusi terhadap masalah tersebut. Penelitian ini memanfaatkan metode User-Centered Design dan teori Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design untuk perancangan desain interaksinya. Penelitian ini mengikutsertakan 188 responden kuesioner daring dan 15 partisipan wawancara untuk berpartisipasi menyampaikan tujuan, kesulitan, dan kebutuhan mereka terhadap fitur sosial di dalam aplikasi Duolingo. Fitur sosial tersebut kemudian dirancang ke bentuk high-fidelity prototype dan diujikan kepada 13 partisipan pada tahap evaluasi. Tahap evaluasi dilakukan dengan usability testing yang memanfaatkan serangkaian skenario. Setelah selesai, partisipan juga diberikan kuesioner SUS untuk menilai usability dari desain yang dirancang. Setelah usability testing selesai, kuesioner SUS disebarkan ke 13 partisipan dan dilakukan proses perhitungan. Rancangan desain fitur yang direkomendasikan penelitian ini memiliki nilai rata-rata sebesar 84.4 atau A+ sesuai dengan nilai huruf Sauro dan Lewis (2016). Kata kunci: Mobile-assisted language learning, User-Centered Design, interaksi sosial, gamifikasi, desain interaksi