Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1930 (Softocpy SK-1412)
Collection Type Skripsi
Title Perancangan Desain Interaksi untuk Penerapan Task Interpretation sebagai Fitur Self-Regulated Learning pada Pembelajaran Daring
Author Ailsa Zayyan Salsabila D. P.;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1930 (Softocpy SK-1412) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49062
ABSTRAK Nama : Ailsa Zayyan Salsabila D. P. Program Studi : Sistem Informasi Judul : Perancangan Desain Interaksi untuk Penerapan Task Interpretation sebagai Fitur Self-Regulated Learning pada Pembelajaran Daring Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom, M.Kom, Ph.D Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc Saat ini, belum banyak penelitian terkait pengembangan desain interaksi yang fokus untuk membantu mahasiswa dalam menerapkan task interpretation. Padahal, task interpretation merupakan satu komponen terpenting yang ada pada self-regulated learning. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi desain interaksi yang dapat membantu mahasiswa dalam menerapkan task interpretation, khususnya pada pembelajaran daring seperti yang umum dilakukan pada Pandemi COVID-19 ini. Sebelum desain interaksi dikembangkan, penelitian mengenai penerapan task interpretation mahasiswa juga dilakukan menggunakan instrumen penelitian Engineering Design Metacognitive Questionnaire untuk menghasilkan data yang bersifat kuantitatif serta open-ended question pada kuesioner awal dan wawancara mendalam untuk menghasilkan data kualitatif. Penelitian dilakukan pada lingkup mata kuliah Proyek Pengembangan Sistem Informasi dan Proyek Perangkat Lunak Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Hasil yang didapatkan terkait penerapan task interpretation pada mahasiswa sudah cukup baik, walaupun terdapat beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan. Desain interaksi dikembangkan dengan mempertimbangkan best practice dalam perancangan desain interaksi dan dikembangkan berdasarkan hasil identifikasi penerapan task interpretation dan kebutuhan pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi, desain interaksi alternatif memiliki success rate yang tergolong tinggi dan skor System Usability Scale yang sudah dalam rentang “Acceptable”. Harapannya, desain interaksi alternatif yang dikembangkan dapat diterapkan pada Learning Management System atau sistem e-learning lainnya agar dapat membantu meningkatkan penerapan task interpretation pada mahasiswa. Kata kunci: desain interaksi, self-regulated learning, task interpretation, pembelajaran daring