Tidak ada review pada koleksi ini: 51319
ABSTRAK
Nama : Aaya Faizah, Rania Devina Nandini, Alifah Fatimah Azzahra Hardian
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Incentive-Based Mobile Fitness App terhadap
Continuance Usage Intention Pengguna: Efek Moderasi Jenis Kelamin
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc. & Nabila Clydea Harahap,
S.Kom., M.Kom.
Survei yang diselenggarakan Mckinsey dan Company melaporkan bahwa per Mei 2022,
sebanyak 26% masyarakat Indonesia mulai aktif melakukan aktivitas fisik, 32% sudah
secara rutin beraktivitas fisik, dan 9% berolahraga dengan lebih intens. Revolusi Industri
4.0 membuat aplikasi fitness yang digunakan untuk melacak performa olahraga
masyarakat berkembang secara pesat. Meskipun demikian, minat masyarakat untuk
menggunakan aplikasi fitness dalam jangka waktu yang lama masih tergolong rendah.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif pada aplikasi
fitness (self-monitoring, social support, platform rewards, dan external influence)
terhadap niat continuance usage intention pengguna dengan menggunakan efek moderasi
jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dan untuk penelitian
kuantitatif dilakukan menggunakan data yang didapatkan dari kuesioner daring dengan
total 379 responden valid. Kemudian, data tersebut diolah menggunakan software IBM
Amos 26 dengan metode Covariance-Based Structural Equation Modeling. Penulis juga
melakukan penelitian kualitatif yaitu wawancara terhadap 30 narasumber pengguna
aplikasi fitness dan mengolahnya menggunakan thematic analysis. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa tiga insentif (self-monitoring, platform rewards, dan external
influence) kecuali social support berpengaruh terhadap perceived usefulness pengguna
aplikasi. Selain itu, jenis kelamin juga terbukti berpengaruh terhadap perilaku pengguna
untuk meningkatkan aktivitas fisik mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa
perempuan lebih cenderung termotivasi untuk olahraga karena fitur sosial dan eksternal,
sedangkan laki-laki lebih memperhatikan fitur tracking dan challenges atau rewards.
Berdasarkan hasil penemuan tersebut, penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi
dalam bidang mHealth dan memberikan wawasan bagi para pengembang aplikasi
kebugaran dan bermanfaat dalam perkembangan fasilitas olahraga digital di Indonesia.
Kata kunci:
Kegiatan Fisik, Olahraga, Mobile Fitness App (MFA), insentif, Self-Monitoring, Social
Support, Platform Rewards, External Influence, Gender, Continuance Usage Intention
dst.