Tidak ada review pada koleksi ini: 51345
ABSTRAK
Nama : Alfina Megasiwi
Annisa Devi Nurmalasari
Novi Handayani
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan Aplikasi Mobile Kesehatan Mental
dengan Perspektif Keluarga untuk Warga Kota Depok
Pembimbing : Betty Purwandari, S.Kom., M.Sc., Ph.D
COVID-19 berdampak pada peningkatan kasus kesehatan mental secara global. Kota Depok
adalah salah satu wilayah di Indonesia yang mengalami peningkatan tersebut dengan rata-rata
sebesar 11,22% per tahun. Sementara itu, jumlah kasus yang mampu ditangani hanya 82 kasus
per bulan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pasien terus bertambah, namun terdapat
keterbatasan jumlah layanan. Transformasi intervensi psikologis ke metode online dengan
memberdayakan anggota keluarga dalam dukungan psikologis dini dapat mengatasi
keterbatasan yang ada. Metode online yang paling populer dan memiliki kapabilitas lebih
banyak dalam hal ini adalah aplikasi mobile. Walaupun aplikasi kesehatan mental telah banyak
dikembangkan, terdapat beberapa isu yang menghalangi intensi adopsi oleh masyarakat. Oleh
karena itu, objektif penelitian ini adalah merealisasikan pengembangan aplikasi mobile
kesehatan mental dengan perspektif keluarga untuk warga Kota Depok dengan memperhatikan
kebutuhan fungsional dan nonfungsional. Penelitian ini memanfaatkan metode pengembangan
prototyping sebanyak tiga iterasi. Masing-masing iterasi terdiri dari tahap analysis, design, dan
implementation. Analysis iterasi pertama dilaksanakan dengan studi literatur penelitian
terdahulu, observasi aplikasi serupa, dan wawancara awal dengan stakeholders untuk
merumuskan solusi terhadap temuan kebutuhan dan masalah. Analysis iterasi kedua dan ketiga
dilakukan pada hasil pengujian prototype yang dikembangkan pada tahap implementation di
iterasi sebelumnya dengan pemetaan terhadap Xcertia m-Health App Guidelines. Setelah
dilakukan design terhadap hasil analysis, prototype dikembangkan dan dievaluasi
menggunakan Usability Testing, kuesioner System Usability Scale (SUS), dan User Acceptance
Test pada tahap implementation. Hasil evaluasi akhir menunjukkan bahwa aplikasi pada role
Klien, Psikolog, dan Admin secara berturut-turut memperoleh skor 87, 74, dan 77 atau
tergolong acceptable pada SUS dan memiliki proses bisnis yang tergolong baik.
Kata kunci: kesehatan mental, Kota Depok, keluarga, metode prototyping, Xcertia m-Health
App Guidelines, Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test.