Tidak ada review pada koleksi ini: 51349
ABSTRAK
Nama : Wening Dyah Locitaresmi
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Eksplorasi Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat
Pengguna untuk Beralih dari Spreadsheet ke Aplikasi
Manajemen Keuangan Pribadi dengan Pendekatan Push-
Pull-Mooring: Studi Kasus Finku
Pembimbing : Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus.
Seiring dengan perkembangan industri teknologi keuangan, aplikasi personal financial
management (PFM) muncul sebagai solusi alternatif dari spreadsheet untuk memfasilitasi
proses pengelolaan keuangan pribadi. Di Indonesia, Finku merupakan aplikasi PFM yang
paling pesat perkembangannya. Meskipun Finku dianggap menawarkan solusi yang lebih
efisien dan intuitif dibanding spreadsheet, Finku masih menghadapi tantangan dalam
mempertahankan penggunanya, yang ditunjukkan dengan tingkat retensi pengguna yang
terlalu rendah. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini menggunakan kerangka kerja
push-pull-mooring (PPM) untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi niat
pengguna untuk beralih dari spreadsheet ke Finku. Penelitian ini menggunakan metode
campuran, dengan menggabungkan data kuesioner dari 198 responden dan wawancara
semi-terstruktur yang dilakukan dengan enam partisipan untuk mendapatkan gambaran
yang komprehensif mengenai fenomena yang diteliti. Untuk menganalisis data kuantitatif,
penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling
(PLS-SEM), sementara data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa ketidakpuasan pengguna dan persepsi ketidakefisienan
terhadap spreadsheet, daya tarik alternatif dari Finku, inovasi konsumen, biaya beralih,
dan persepsi keamanan dan privasi berpengaruh secara signifikan terhadap niat pengguna
untuk beralih. Namun, ubikuitas tidak ditemukan berdampak signifikan terhadap niat
untuk beralih. Penelitian ini juga menekankan bahwa fitur-fitur inovatif, seperti
gamifikasi dan pembuat laporan keuangan otomatis, memainkan peran besar dalam
meningkatkan daya tarik alternatif, sehingga memengaruhi niat beralih pengguna.
Penelitian ini berkontribusi dengan memberikan pemahaman mendalam tentang faktor-
faktor PPM yang memengaruhi niat beralih pengguna dari spreadsheet ke aplikasi Finku.
Temuan ini juga dapat dijadikan landasan bagi pengembang aplikasi Finku untuk
meningkatkan retensi pengguna aplikasinya berdasarkan faktor-faktor PPM yang telah
diidentifikasi.
Kata Kunci: Manajemen keuangan pribadi, spreadsheet, niat beralih, teknologi
keuangan, push-pull-mooring, Finku