Tidak ada review pada koleksi ini: 51380
ABSTRAK
Nama Penulis : Aimar Fikri Salafi, Johanes Jason, dan Johanes
Marihot Perkasa Simarmata
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pengembangan Aplikasi Peer Learning Berbasis
Web untuk Mendukung Pembelajaran pada Era
Transisi Daring - Luring
Pembimbing 1 : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Pembimbing 2 : Dr. Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng.
Seluruh universitas di Indonesia telah kembali memasuki pembelajaran secara luar
jaringan (luring), dimana sebelumnya dilakukan secara dalam jaringan (daring)
akibat pandemi COVID-19. Dalam masa transisi dari pembelajaran daring ke luring,
terdapat beberapa masalah yang dihadapi mahasiswa yang terbiasa belajar secara
daring, salah satunya masalah teman belajar. Aktivitas pembelajaran secara daring
menyebabkan mahasiswa kesulitan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan
orang lain yang mempunyai minat dan hobi yang sama karena keterbatasan
kesempatan untuk berinteraksi. Hubungan relasi sosial mahasiswa hanya terbatas
kepada teman-teman lulusan satu sekolah, satu kelompok di mata kuliah, dan satu
kepanitiaan saja. Adanya kebutuhan ini mendorong dibuatnya aplikasi pencari teman
untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk
mengetahui kebutuhan mahasiswa dan membuat aplikasi yang dapat mendukung
proses pembelajaran secara berkelompok, terlebih dalam proses pencarian teman.
Proses tersebut dibasiskan terhadap minat masing-masing mahasiswa sehingga
rekomendasi teman yang didapatkan memiliki minat yang sama dengan mahasiswa
tersebut. Aplikasi ini berbasis web dengan desain responsif, sehingga bisa diakses
dari komputer maupun telepon genggam dengan sistem operasi apapun. Aplikasi ini
memiliki manfaat praktis untuk mempermudah mahasiswa mencari teman yang
memiliki minat yang sama untuk belajar atau berdiskusi bersama. Pada evaluasi
aplikasi, seluruh skenario usability testing berhasil diselesaikan oleh 12 responden,
dimana delapan orang menggunakan tampilan web dan empat orang menggunakan
tampilan mobile dengan tingkat kesuksesan 97,57%. Setiap skenario terdapat followup question yang ditanyakan oleh penguji untuk mengetahui pendapat dari
responden, dimana hasilnya adalah beberapa evaluasi terhadap desain tampilan dan
pengalaman pengguna. Performa dari aplikasi ini juga sangat baik dari segi
aksesibilitas pengguna dan response time yang dievaluasi dengan menggunakan
Locust, dimana dengan concurrent user sebanyak 100 orang dan request per second
mencapai rata-rata 150, sistem tetap menghasilkan rata-rata response time dibawah
satu detik.
Kata kunci: peer learning, pengembangan aplikasi, UCD, usability testing