Tidak ada review pada koleksi ini: 51390
BSTRAK
Nama : Affan Mirza Chairy, Algazel Aqilla, Arya Seputra Wibowo
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis dan Evaluasi Desain Aplikasi Tije: Sebuah Penelitian
Berbasis Design Science Research
Pembimbing : Imairi Eitiveni, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Transportasi publik merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas
kepada masyarakat. Berkembangnya transportasi publik dan meningkatnya jumlah
armada membantu masyarakat untuk mendapatkan kesempatan untuk mengakses daerah-
daerah lebih mudah. Teknologi telah mencapai era inovasi dari penggunaan informasi.
Inovasi ini juga diimplementasikan Transjakarta untuk membangun aplikasi Tije. Tije
merupakan aplikasi yang memudahkan perencanaan perjalanan dalam penggunaan
Transjakarta. Penelitian ini akan mencari tahu hubungan persepsi masyarakat dengan Tije
dengan faktor penggunaan aplikasi dan evaluasi dari aplikasi ini. Tujuan dari penelitian
ini adalah mengidentifikasi kekurangan Tije serta memberikan inovasi fitur yang sesuai
dengan kebutuhan pengguna. Pendekatan Design Science Research (DSR) digunakan
untuk mencapai tujuan tersebut karena telah terbukti kecakapannya pada penelitian-
penelitian sebelumnya. Melalui penerapan DSR dalam tiga iterasi yang terdiri dari (1)
analisis faktor yang memengaruhi penggunaan aplikasi Tije, (2) mengidentifikasi
permasalahan yang terdapat pada fitur lama serta menemukan inovasi fitur dari pendapat
ahli, dan (3) membuat revisi desain antarmuka dengan kesimpulan yang ditemukan pada
bagian pertama dan kedua. Hasil iterasi I menunjukkan bahwa model memiliki
kemampuan yang cukup moderat untuk memprediksi intensi, lemah memprediksi norma
pribadi, dan sangat lemah dalam memprediksi kegunaan. Iterasi ini juga membuktikan
bahwa meskipun Model D&M ISS dan model TPB memiliki dampak yang sama dengan
penelitian terdahulu, NAM tetap tidak dapat digunakan dengan citra aplikasi Tije yang
dimiliki masyarakat saat ini. Selain itu, kendala terbanyak berasal dari kategori (1) terkait
masalah teknis, (2), kendala fungsionalitas, dan (3) kendala perangkat. Hasil iterasi II
memvalidasi kendala dan fitur serta mengidentifikasi masalah dan wawasan relevan oleh
para ahli dan komuter, seperti pengguna yang terganggu dengan implementasi fitur
pelacakan bis yang tidak berfungsi seharusnya dan ide fitur terkait masalah sosial seperti
kekerasan,serta usulan platform para komuter untuk berbagi informasi. Iterasi II
mengimplikasikan bahwa penelitian ini menjadi pelopor pencarian masalah dan validasi
Tije serta menambahkan pandangan lain dari penelitian sebelum terkait. Hasil iterasi III
menghasilkan rekomendasi desain antarmuka dari fitur yang paling layak dari sisi
usability, berdasarkan evaluasi yang dilakukan terhadap pengguna aplikasi Tije Penelitian ini diharapkan dapat mendukung penelitian-penelitan sebelumnya dalam
mengadopsi metodologi DSR untuk mengevaluasi dan mengembangkan aplikasi
mobilitas, Selain itu, melalui penelitian ini, diharapkan Tije dapat menjadi aplikasi
mobilitas yang dapat diandalkan oleh pengguna ketika menggunakan Transjakarta.
Kata kunci: Transjakarta, MaaS, Tije, Usability Testing, Design Science Research.