Call Number | SK-2235 (Softcopy SK-1717) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Evaluasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Pada PT XYZ Menggunakan Human-Organization-Technology Fit Model |
Author | Adrian Chandra Rachman; Nurhafizatun Nisa; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2235 (Softcopy SK-1717) | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Adrian Chandra Rachman, Nurhafizatun Nisa Program Studi : Sistem Informasi Judul : Evaluasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Pada PT XYZ Menggunakan Human-Organization-Technology Fit Model Pembimbing : 1. Prof. Yudho Giri Sucahyo, S.Kom., M.Kom., Ph.D. 2. Annisa Monicha Sari, S.Kom., M.Kom. Sumber daya manusia (SDM) telah menjadi sumber daya yang penting dalam perkembangan perekonomian perusahaan. Sebagai elemen penting, SDM memiliki sistem sendiri yang menunjang pekerjaan yang digunakan di perusahaan, yaitu SISDM. Untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas SISDM, maka diperlukan evaluasi. Penelitian ini mengidentifikasi dimensi pengukuran kualitas SISDM dan pengaruhnya terhadap efisiensi dan efektivitas penggunaan SISDM di perusahaan. Model penelitian ini menggunakan framework HOT-Fit Model dengan menerapkan mixed methods, yaitu penelitian kualitatif dengan thematic analysis dan penelitian kuantitatif dengan analisis kuantitatif PLS-SEM. Pada penelitian kualitatif, model penelitian yang dikembangkan terdiri dari 9 variabel penelitian yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber dari PT XYZ dan studi literatur. Pada penelitian ini, sebanyak 13 hipotesis diajukan yang dianalisis menggunakan SmartPLS. Setelah kuesioner dibagikan, terkumpul data bersih sejumlah 41 data. Hasil dari analisis menunjukkan terdapat beberapa hipotesis yang diterima dan ditolak. System quality berpengaruh positif terhadap system use dan user satisfaction. Namun, information quality tidak berpengaruh positif terhadap system use dan user satisfaction. Lebih lanjut, service quality terbukti berhubungan positif dengan user satisfaction, sedangkan service quality terhadap system use tidak berhubungan positif. Hipotesis akhir, ditemukan bahwa system use tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap HRIS Management Net Benefits, sedangkan user satisfaction memiliki hubungan yang positif yang signifikan terhadap HRIS Management Net Benefits. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengevaluasi SISDM bagi perusahaan yang menggunakannya. Kata kunci: SISDM, HOT-Fit Model, mixed methods, thematic analysis, PLS-SEM