Call Number | SK-2259 (Softcopy SK-1741) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Platform Online Pembelian Tiket Event |
Author | Muhammad Irza Arrizkyputra, Bonifasius Erlangga Einsoni Rienko; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2024 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2259 (Softcopy SK-1741) | TERSEDIA |
Nama : Muhammad Irza Arrizkyputra, Bonifasius Erlangga Einsoni Rienko Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Platform Online Pembelian Tiket Event Pembimbing : Prof. Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc., Ika Chandra Hapsari, S.Kom., M.Kom. Pandemi COVID-19 yang sudah mulai menurun membuat berbagai kegiatan masyarakat kembali hadir. Salah satu kegiatan yang mulai bangkit kembali adalah perhelatan event. Akibat pandemi COVID-19 pergeseran perilaku konsumen terjadi, termasuk perilaku masyarakat dalam membeli tiket event, di mana saat ini para event organizer lebih banyak menjual tiket event hanya secara daring melalui platform tiket event (PTE). Namun, nyatanya beberapa orang mengalami beberapa kendala saat melakukan pembelian tiket event melalui PTE. Berangkat dari isu tersebut, penelitian ini ingin mempelajari faktorfaktor yang memengaruhi seseorang untuk elakukan pembelian tiket event melalui PTE yang nantinya diharapkan dapat memberi wawasan terkait platform tiket event dan memberi masukan untuk praktisi platform tiket event. Untuk meneliti hal ini, penulis menggunakan teori DeLone and McLean IS Success Model dan Event Quality Components. Data dalam penelitian ini dikumpulkan secara kuantitatif melalui kuesioner daring yang diisi oleh 461 responden valid dan kualitatif melalui wawancara sebanyak tiga puluh satu narasumber. Data kuantitatif diolah dengan CB-SEM, sedangkan data kualitatif diolah menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa information quality, service quality, dan service quality berpengaruh terhadap kepuasan pengguna di mana kepuasan pengguna berpengaruh terhadap pembelian tiket event pada PTE. Selain itu, information quality juga berpengaruh terhadap tiga komponen event quality, yaitu ticketing, program content, dan facility di mana ketiganya menggambarkan bahwa kualitas informasi pada PTE memengaruhi kualitas sebuah event. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi praktiksi PTE dalam memberikan kualitas PTE terbaik untuk penggunanya dan juga untuk peneliti selanjutnya dengan konteks serupa. Kata kunci: IS Success Model, Event Quality Components, CB-SEM, platform tiket event, e-commerce