Call Number | SK-2365 (Softcopy SK-1847) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Evaluasi Usability Dan Perancangan Ulang Desain Antarmuka Fitur Baru Di Aplikasi Mobile Jkn Versi 4.7.0 Menggunakan Pendekatan User-Centered Design |
Author | Juoro Algifari/ Kenzie Kyle Anderson/ Muhammad Tsaqib Ibadillah Wahid; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | User-Centered Design |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2365 (Softcopy SK-1847) | TERSEDIA |
Nama : Juoro Algifari, Kenzie Kyle Anderson, Muhammad Tsaqib Ibadillah Wahid Program Studi : Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Sistem Informasi Judul Skripsi : Evaluasi Usability dan Perancangan Ulang Desain Antarmuka Fitur Baru di Aplikasi Mobile JKN versi 4.7.0 Menggunakan Pendekatan User-Centered Design Pembimbing : Widia Resti Fitriani, S.Kom., M.Kom. Annisa Monicha Sari, S.Kom., M.Kom. E-Health merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang memanfaatkan teknologi informasi dan proses digital. Setiap tahunnya, jumlah pengguna e-Health di Indonesia semakin meningkat. Salah satu aplikasi e-Health di Indonesia adalah Mobile JKN yang dibuat oleh BPJS Kesehatan. Mobile JKN menempati peringkat satu pada App Store dan Play Store di bidang kesehatan. Namun, kenyataannya pengguna kurang puas dengan antarmuka dan pengalaman selama memakai aplikasi ini. Pada tahun 2023, terdapat release version baru dari aplikasi Mobile JKN yaitu versi 4.7.0 yang menawarkan enam fitur baru untuk pengguna. Namun, belum ada penelitian yang memberikan evaluasi terkait fitur baru tersebut. Selain itu, pengguna juga merasa fitur-fitur baru ini dapat dikembangkan lagi untuk memperoleh usabilitas dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perancangan ulang desain antarmuka enam fitur baru pada aplikasi mobile JKN versi 4.7.0 menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD) dan menerapkan teori Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design guna meningkatkan usability dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Analisis permasalahan dan kebutuhan pengguna dilakukan dengan cara membagikan survei System Usability Scale (SUS) kepada 57 responden dan melakukan wawancara kontekstual dengan 15 partisipan. Hasil kuesioner dan wawancara kemudian dipetakan ke dalam pain points pengguna dengan usulan solusi perbaikan. Rancangan desain antarmuka yang dihasilkan adalah berupa low-fidelity prototype dan high-fidelity prototype. High-fidelity prototype yang telah dirancang kemudian dievaluasi dengan melakukan Usability Testing (UT) dengan 15 partisipan dan survei SUS tahap akhir pada 15 responden, untuk dibandingkan skornya dengan survei SUS tahap awal. Hasil skor SUS pada desain as-is menunjukkan bahwa terdapat 5 dari 6 fitur memiliki nilai masih di bawah 70 atau poor. Sementara itu, hasil skor SUS untuk rancangan desain yang baru menunjukkan bahwa, semua fitur yang diteliti memiliki nilai di atas 80 atau excellent. Sama dengan hasil SUS, hasil UT juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hasil analisis UT pada desain as-is memiliki total success rate sebesar 77,02%. Sementara itu, hasil analisis UT untuk desain yang baru memiliki total success rate sebesar 96,54%. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan menambah insight untuk penelitian selanjutnya terkait topik e-Health, serta menawarkan rekomendasi praktis untuk perbaikan dan pengembangan desain antarmuka aplikasi Mobile JKN. Kata kunci: E-Health, Aplikasi Mobile JKN, Desain Antarmuka, User-Centered Design, Usability, Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design