Call Number | KA-1854 (Softcopy KA-1951) MAK KA-1598 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Analisis Pengaruh Pengalaman dan Keterlibatan Konsumen terhadap Loyalitas pada Layanan Online Grocery: Studi Kasus Aplikasi Segari |
Author | Ringgi Cahyo Dwiputra; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2024 |
Subject | User Experience |
Location | FASILKOM-UI-MTI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-1854 (Softcopy KA-1951) MAK KA-1598 | Indonesia | TERSEDIA |
Industri online grocery di Indonesia telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, munculnya tech winter memaksa Segari sebagai penyedia layanan di industri tersebut untuk merombak strategi perusahaan. Segari kini berfokus pada profitabilitas dengan memprioritaskan loyalitas konsumen terhadap aplikasinya, tetapi target tersebut belum tercapai selama tahun 2023. Hal ini tidak terlepas dari pengalaman konsumen selama menggunakan aplikasinya yang sangat berperan terhadap loyalitas mereka. Penelitian ini mengadopsi teori attitude-behavior-context dengan bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen dari perspektif pengalaman konsumen saat berbelanja di aplikasi Segari dan memberikan rekomendasi relevan dalam meningkatkannya. Penelitian ini menggunakan metode explanatory sequential mixed-method dengan melakukan survei terhadap 480 pengguna aplikasi Segari untuk data kuantitatif dan wawancara dengan 15 responden untuk validasi hasil secara kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan covariance-based structural equation modeling menggunakan AMOS 26, sementara data kualitatif dianalisis menggunakan content analysis. Hasil penelitian membuktikan bahwa customer service, product experience, dan delivery experience memiliki peran dalam membangun loyalitas konsumen untuk terus menggunakan aplikasi Segari melalui online customer experience dan customer engagement, sementara personalization hanya berkontribusi melalui customer engagement. Di sisi lain, personalization, application experience, dan economic value tidak berpengaruh signifikan terhadap online customer experience. Hasil penelitian ini memberikan saran pengembangan fitur untuk Segari sebagai penyedia layanan online grocery dalam memperbaiki kualitas aplikasinya dan meningkatkan loyalitas konsumennya, seperti rekomendasi produk dan pencarian spesifik, chat support system, refund otomatis, tampilan produk 360 derajat, pengiriman ramah lingkungan, hingga program loyalitas berbasis gamifikasi.