Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-0660 (Softcopy T-0313)
Collection Type Tesis
Title Fitur Customer Relationship Management (CRM) untuk menunjang diseminasi Data: studi kasus pada Direktorat diseminasi Statistik Badan Pusat Statistik
Author Abdul Ghofar;
Publisher Jakarta: Pascasarjana MTI UI, 2007
Subject Customer Relationship Management; Strategic planning--Computer programs.
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-0660 (Softcopy T-0313) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 24140
ABSTRAK

ABSTRAK Sejak kehadiran Customer Concept (CC) sebagai falsafah pemasaran, sistem Customer Relationship Management (CRM) menjadi lebih penting bagi unit usaha yang berorientasi pada pelanggan. CRM mendukung siklus bisnis yang meliputi dukungan pelayanan (services), penjualan (sales) dan pemasaran (marketing). Melalui tesis ini, berdasar penelitian pada sejumlah penerapan CRM, penulis berupaya menyampaikan pemikiran mengenai sejumlah fitur Sistem Informasi Diseminasi Statistik. Jika organisasi telah mapan dari segi kepemimpinan, strategi maupun budaya, dengan kehadiran sistem CRM diseminasi statistik memungkinkan manajemen hubungan pelanggan berjalan secara efektif. Kajian CRM diseminasi statistik menggunakan pendekatan 4 perspektif Balanced Scorecard (BSC). Dengan pendekatan 4 perspektif BSC tersebut dapat diturunkan beberapa fitur CRM yang berkaitan erat dengan proses pengemasan produk-produk statistik yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Fitur-fitur CRM ini diharapkan dapat digunakan dalam penerapan sistem CRM diseminasi statistik oleh Direktorat Diseminasi Statistik BPS. Dalam penelitian ini, identifikasi beberapa fitur sistem CRM diseminasi data diharapkan mempunyai makna penting dalam mendukung pelayanan statistik yang dapat memberikan kepuasan pada pelanggan (customer satisfaction). Empat puluh satu (41) fitur-fitur yang telah teridentifikasi dan dianalisis dapat menghilangkan perbedaan antara kondisi penerapan sekarang dengan visi yang diharapkan. Selain itu, beberapa use-case telah teridentifikasi dan ditujukan untuk mewujudkan fitur-fitur dalam sistem CRM diseminasi statistik. Hubungan antara fitur-fitur dan use-case – use-case digambarkan dalam traceability matrix. Penelitian ini memberikan suatu kepercayaan yang tinggi pada sistem CRM diseminasi statistik yang akan diterapkan/diaplikasikan pada layanan publik BPS dalam rangka memelihara para pelanggan produk statistik BPS. Kata Kunci: Customer Concept (CC), Customer Relationship Management (CRM), Balanced Scorecard (BSC), Customer, Customer Satisfaction, Service, Sales, Marketing, Fitur-fitur dan Use-case. Vii+ 91 halaman; 16 gambar; 12 tabel; 4 lampiran Daftar Pustaka: 21 (1996 – 2007)