Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KP-959 (Softkopi KP-523) SCKP-353
Collection Type Kerja Praktek (KP)
Title Pengembangan antarmuka simulator mikroprosessor sebagai alat bantu pembelajaran arsitektur komputer di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia/ Lia Sadita
Author Lia Sadita;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2008
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KP-959 (Softkopi KP-523) SCKP-353 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 26512
Pengantar Organisasi Komputer (POK) merupakan salah satu mata kuliah wajib untuk mahasiswa tingkat pertama. Pada kuliah ini diajarkan dasar-dasar organisasi komputer sekuensial, yang menitikberatkan pada cara kerja Central Processing Unit (CPU) serta bagaimana komponen masukan, keluaran, memori, dirangkai dengan CPU. Mata kuliah ini akan mempengaruhi pemahaman para siswa terhadap tiga mata kuliah wajib lainnya dan berbagai mata kuliah pilihan. Sayangnya banyak mahasiswa yang berpendapat bahwa mata kuliah ini sulit untuk dimengerti Penilaian ini diambil berdasarkan pengalaman pribadi Penulis dan pendapat teman-teman Penulis yang juga pernah mengikuti mata kuliah tersebut. Salah satu penyebab muncul pendapat tersebut adalah adanya kesan bahwa mata kuliah ini abstrak, sehingga sulit untuk membayangkan bagaimana alur proses yang terjadi di dalam CPU. Oleh karena itu, Staf Pengajar menilai bahwa perlu adanya alat bantu selain buku referensi, sehingga dapat menunjang pemahaman mahasiswa untuk belajar. Alat bantu ini bernama Simulator Mikroprosessor. Tujuan awal kerja praktik ini adalah mengembangkan keseluruhan fungsi yang berhubungan dengan tampilan antarmuka. Fungsi-fungsi ini antara lain: 1. Fungsionalitas tampilan antarmuka dasar seperti fungsi membuka berkas proyek, menyimpan berkas proyek, meng-import berkas kode dalam bahasa assembly, serta fungsi untuk menampilkan editor teks. Berkas proyek disimpan dalam format xml. 2. Fungsi yang berhubungan dengan masukan dari Pengguna. Pengguna dapat memberikan masukan dengan cara menekan tombol yang berupa gambar di panel yang telah disediakan (drawing panel dan simulator panel) maupun dengan meng-import berkas. Hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk gambar dan atau text editor. 3. Fungsi untuk memperlihatkan perpindahan data, berupa animasi pewarnaan komponen. 4. Fungsi yang dapat mengatur pemilihan representasi warna dari nilai yang akan dipindahkan antarkomponen dan fungsi yang mengatur perubahan nilai oleh Pengguna. 5. Fungsi yang memperlihatkan perpindahan data ketika mengakses memori. Pada akhir masa kerja praktik, sistem yang dikembangkan hanya menghasilkan fitur-fitur untuk fungsi nomor 1, 2 dan 4. 82 hlm; 15 gbr; 21 tbl; 10 lamp. Bibliography: 6 (2005 - 2008)