Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-133 (Softcopy KA-133)
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Perbandingan efektifitas online advertising dan mobile advertising melalui pesan facebook dan SMS
Author Edwin Rommel;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2011
Subject mobile advertising
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-133 (Softcopy KA-133) Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 33175
ABSTRAK

Tingginya pertumbuhan jumlah pengguna telepon seluler dan jejaring sosial di Indonesia telah mendorong kegiatan periklanan. Periklanan melalui komunikasi SMS pada telepon seluler merupakan salah satu penerapan mobile advertising. Periklanan melalui komunikasi pada fitur-fitur jejaring sosial facebook merupakan salah satu penerapan online advertising. Kedua jenis periklanan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mensosialisasikan produk atau layanan kepada calon konsumen/konsumen. Penelitian ini melakukan perbandingan efektivitas mobile advertising dan online advertising melalui SMS dan pesan facebook untuk mengiklankan produk perangkat lunak ubimobie. Penelitian ini melakukan kegiatan pelacakan respon iklan melalui kedua jenis media komunikasi tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan melalui SMS lebih efektif dibandingkan iklan melalui pesan facebook. Click-Through Rate respon iklan melalui SMS adalah 12,67% dan 36,84% sedangkan Click-Through Rate respon iklan melalui pesan facebook adalah 12%. Tanpa mempertimbangkan jenis perangkat yang digunakan oleh penerima iklan dan jenis perangkat yang didukung oleh produk yang diiklankan, Conversion Rate (click-to-download) respon iklan melalui SMS adalah 36,84% sedangkan Conversion Rate (click-to-download) respon iklan melalui pesan facebook adalah 22,22%. Perbandingan dengan ukuran Conversion Rate melalui aksi download produk yang spesifik perlu mempertimbangkan jenis perangkat yang digunakan oleh penerima iklan agar sesuai dengan jenis perangkat yang didukung oleh produk tersebut. Respon iklan melalui SMS lebih cepat dibandingkan dengan respon iklan melalui pesan facebook. Waktu tercepat pada respon iklan melalui SMS adalah 7 menit 3 detik, sedangkan waktu tercepat pada respon iklan melalui pesan facebook adalah 21 menit 52 detik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa semua respon iklan melalui SMS dilakukan melalui internet menggunakan telepon seluler dan ini menunjukkan bahwa pengguna telepon seluler yang menerima iklan melalui SMS cenderung tidak berpindah ke PC untuk merespon iklan secara online.