Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-0913 (Softcopy SK-394)
Collection Type Skripsi
Title Analisis dampak pemasaran online tanpa berbayar menggunakan situs jejaring sosial facebook: studi kasus pada perusahaan inspired 27 dan garlick store
Author Wahyu Lisdianingrum;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2011
Subject Jejaring sosial
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-0913 (Softcopy SK-394) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 34180
Facebook sebagai jejaring sosial terbesar di dunia sangat potensial untuk menjadi ajang pemasaran online tanpa berbayar dengan memanfaatkan Facebook Profile, Group, atau Fans Page. Selain dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan, perusahaan dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung dan interaktif karena terdapat berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk menarik pelanggan. Banyak perusahaan di Indonesia yang telah mengadopsi Facebook sebagai media pemasaran tetapi belum mengukur dampak dan efektivitas pemasaran yang telah mereka lakukan. Dengan melakukan studi kasus pada perusahaan Inspired 27 dan Garlick Store, penulis menemukan bahwa kedua perusahaan tersebut utamanya memanfaatkan fitur share dan photos Facebook dalam melakukan pemasaran serta menjadikan Fans Page sebagai media pemasaran yang utama karena berbagai kelebihannya dibandingkan Profile dan Group. Untuk dampak pemasarannya, penulis menemukan bahwa pemasaran tanpa berbayar menggunakan Facebook dapat meningkatkan jumlah pelanggan sekitar 44% dan meningkatkan penjualan lebih dari 100% sebagai dampak tangible pemasaran. Sedangkan dampak intangible yang dirasakan ialah meningkatkan kesadaran merek, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Jadi, pemasaran menggunakan Facebook sangat efektif untuk mendongkrak kinerja kedua perusahaan tersebut namun masih banyak celah pemasaran yang dapat dioptimalka