Call Number | KA-164 (Softcopy KA-164) |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Penerapan Strategi E-Marketing pada UKM di Indonesia: Studi Kasus PT. Retota Retail Indonesia (RRI) |
Author | Panelty CArlo Silitonga; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2011 |
Subject | e-Business Enterprise Systems Management |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-164 (Softcopy KA-164) | Indonesia | TERSEDIA |
Penerapan strategi e-marketing sangat diperlukan oleh PT. Retota Retail Indonesia untuk mencapai tujuan bisnisnya dengan cara meningkatkan pemasaran. Dengan adanya penerapan strategi e-marketing tersebut, maka dapat ditentukan strategi-strategi apa saja yang tepat untuk mendukung aktivitas bisnis perusahaan untuk dapat mengetahui keunggulan kompetitif di dalam perusahaan. PT. Retota Retail Indonesia dapat tetap bertahan dan unggul sebagai salah satu UKM di Indonesia yang bergerak dalam bidang kerajinan tangan setelah mengetahui strategi yang tepat untuk dijalankan. Selain itu, terdapat permintaan dari pelanggan yang berada di luar daerah yang ingin membeli produk dan untuk menekan biaya penjualan yang tinggi. Oleh karena itu, strategi e-marketing perlu diterapkan agar dapat mencapai tujuan bisnis perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menyusun strategi e-marketing untuk mendukung aktivitas bisnis dan mencapai tujuan pemasaran pada PT. Retota Retail Indonesia. Penyusunan strategi e-marketing ini dilakukan dengan menggunakan model umum pengembangan strategi, yaitu kerangka SOSTAC. Dalam kerangka SOSTAC, beberapa hal yang dianalisa adalah lingkungan internal dan eksternal perusahaan, yaitu pelanggan, perantara, pesaing, SLEPT dan sumber daya. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan penyebaran kuesioner kepada pelanggan serta melakukan observasi dan wawancara kepada pihak PT. Retota Retail Indonesia, perantara dan pesaing. Setelah melakukan analisa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi e-marketing pada PT. Retota Retail Indonesia, didapati bahwa PT. Retota Retail Indonesia dapat melakukan beberapa strategi yang dapat mencapai tujuan pemasaran melalui internet. Diantaranya adalah membuat website yang menyediakan berbagai macam fitur, melakukan social media optimization (SMO), melakukan search engine optimization (SEO), melakukan Pay Per Click (PPC), melakukan email marketing dan display advertising.