Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Pengarang Budiarto;
Kata Kunci pervasive computing, fenomena alam, factor alam, embedded system, wireless sensor network, standar IEEE 802.15.4, monitoring system, controlling system, network topology, inference rule, Assembly Atmel AVR, Protel DXP, form factor, UNIVERSAL EMBEDDED DEVICE (UED), SMART FARM, LAND SLIDE, real time.
Pembimbing 2 Setiadi Yazid
Tahun buku 2011
Barcode RFID baru 11637737
Tahun Angkatan 2006
Progam Studi ILMU KOMPUTER
Lokasi FASILKOM-UI;
Tanggal Datang 20/07/2012
Abstrak Indonesia ABSTRAK Nama : Budiarto Program Studi : S1 Reguler Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Pervasive Computing Berbasis Wireless Sensor Network Dengan Standar IEEE 802.15.4/Zigbee Penelitian ini merupakan usaha dalam pengembangan mandiri suatu system pervasive computing dalam menjembatani fenomena alam dengan factor alam yang berkaitan. Pengembangan system dilakukan dengan memanfaatkan embedded system yang mengarah pada wireless sensor network (WSN). Pengembangan komunikasi data dan jaringan WSN dilakukan dengan standar IEEE 802.15.4. Pengembangan system mencakup peringatan dini atau early warning system, monitoring system, controlling system, network topology dan inference rule. Pengembangan dilakukan secara bertahap dan masih terus dilakukan penyempurnaan. Pengembangan system terdiri dari pembuatan firmware dengan bahasa pemrogaman Assembly Atmel AVR, pembuatan rangkaian elektronik dengan Protel DXP, pembuatan infrastruktur dan arsitektur protocol, pembuatan form factor, integrasi dengan aplikasi perangkat lunak, dan pengetesan system. Penerapan system sudah dilakukan pada aplikasi UNIVERSAL EMBEDDED DEVICE (UED), pertanian atau SMART FARM , tanah longsor atau LAND SLIDE. Hasil pengembangan dan pengetesan system menunjukkan bahwa sistem berjalan real time untuk mendapatkan hubungan antara factor alam dengan fenomena yang terjadi disekitar system seperti pengaruh keadaan iklim mikro terhadap pertumbuhan tanaman yang dibatasi oleh suatu ruangan tertentu. Kemudian dianalisa untuk memberikan suatu peringatan dini dan control lingkungan secara otomatis. Pengembangan system terus dilakukan untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan memberikan pengaruh langsung kepada lingkungan secara presisi. Kata Kunci : pervasive computing, fenomena alam, factor alam, embedded system, wireless sensor network, standar IEEE 802.15.4, monitoring system, controlling system, network topology, inference rule, Assembly Atmel AVR, Protel DXP, form factor, UNIVERSAL EMBEDDED DEVICE (UED), SMART FARM, LAND SLIDE, real time.
Judul Pengembangan pervasive computing berbasis wireless sensor network dengan standar IEEE 802.15.4/Zighee
NPM 0606101231
Penguji 2 Rizal Fathoni Aji
Fisik 214 hlm;ill; 30 cm.
Bahasa Ind
Lulus Semester GENAP 2010/2011
Penerbitan Depok : Fasilkom UI, 2012
Penguji 1 Petrus Mursanto
No. Panggil SK-1076 (Softcopy SK-557) Source Code SK-409
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1076 (Softcopy SK-557) Source Code SK-409 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 37711
ABSTRAK Nama : Budiarto Program Studi : S1 Reguler Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Pervasive Computing Berbasis Wireless Sensor Network Dengan Standar IEEE 802.15.4/Zigbee Penelitian ini merupakan usaha dalam pengembangan mandiri suatu system pervasive computing dalam menjembatani fenomena alam dengan factor alam yang berkaitan. Pengembangan system dilakukan dengan memanfaatkan embedded system yang mengarah pada wireless sensor network (WSN). Pengembangan komunikasi data dan jaringan WSN dilakukan dengan standar IEEE 802.15.4. Pengembangan system mencakup peringatan dini atau early warning system, monitoring system, controlling system, network topology dan inference rule. Pengembangan dilakukan secara bertahap dan masih terus dilakukan penyempurnaan. Pengembangan system terdiri dari pembuatan firmware dengan bahasa pemrogaman Assembly Atmel AVR, pembuatan rangkaian elektronik dengan Protel DXP, pembuatan infrastruktur dan arsitektur protocol, pembuatan form factor, integrasi dengan aplikasi perangkat lunak, dan pengetesan system. Penerapan system sudah dilakukan pada aplikasi UNIVERSAL EMBEDDED DEVICE (UED), pertanian atau SMART FARM , tanah longsor atau LAND SLIDE. Hasil pengembangan dan pengetesan system menunjukkan bahwa sistem berjalan real time untuk mendapatkan hubungan antara factor alam dengan fenomena yang terjadi disekitar system seperti pengaruh keadaan iklim mikro terhadap pertumbuhan tanaman yang dibatasi oleh suatu ruangan tertentu. Kemudian dianalisa untuk memberikan suatu peringatan dini dan control lingkungan secara otomatis. Pengembangan system terus dilakukan untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan memberikan pengaruh langsung kepada lingkungan secara presisi. Kata Kunci : pervasive computing, fenomena alam, factor alam, embedded system, wireless sensor network, standar IEEE 802.15.4, monitoring system, controlling system, network topology, inference rule, Assembly Atmel AVR, Protel DXP, form factor, UNIVERSAL EMBEDDED DEVICE (UED), SMART FARM, LAND SLIDE, real time.