Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1105 (Softcopy SK-586)
Collection Type Skripsi
Title Faktor-faktor kualitas informasi pada jenjaring sosial dan official website yang mempengaruhi keputusan untuk melakukan perjalanan wisata menurut perspektif backpacker di Indonesia
Author Rizka Eka Putri;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2013
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1105 (Softcopy SK-586) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 39408
ABSTRAK Nama : Rizka Eka Putri Program Studi : Sistem Informasi Judul : Faktor-Faktor Kualitas Informasi pada Jejaring Sosial dan Official Website yang Mempengaruhi Keputusan untuk Melakukan Perjalanan Wisata Menurut Perspektif Backpacker di Indonesia Saat ini peran teknologi electronic word of mouth via internet semakin berkembang pesat, salah satunya adalah dengan kemunculan teknologi jejaring sosial. Jejaring sosial memungkinkan pertukaran informasi dalam skala besar dan waktu yang sangat cepat, salah satunya adalah informasi terkait destinasi wisata dan kegiatan wisata. Informasi yang diperoleh dari jejaring sosial tersebut dapat mempengaruhi kualitas pariwisata yang dirasakan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pariwisata (travel quality) terkait decision dan knowledge pada jejaring sosial dan official website dan perbandingan keduanya dari sisi dimensi kualitas informasi. Model penelitian ini dibuat dengan memodifikasi model yang dikembangkan oleh Schwabe dan Prestipino melalui focus group discussion. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online ke berbagai komunitas backpacker yang ada di Indonesia. Kuesioner yang masuk sebanyak 207 dan yang valid sebanyak 205. Data yang masuk tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan Sructural Equation Modelling dan ANOVA. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa faktor appropriateness dan believability dari jejaring sosial dan official website mempengaruhi kualitas pariwisata terkait decision dan knowledge. Faktor lainnya seperti access dan ease of use hanya berpengaruh jika wisatawan menggunakan jejaring sosial. Selain itu, temuan lainnya menunjukkan bahwa kualitas informasi wisata jejaring sosial dan official website memiliki perbedaan yang signifikan dimana kualitas informasi wisata jejaring sosial lebih baik dari kualitas informasi wisata official website. Hal ini berimplikasi pada tingkat kepercayaan wisatawan terhadap informasi di jejaring sosial yang lebih tinggi dibandingkan informasi di official website. Kata Kunci: Access, ANOVA, appropriate, backpacker, believability, ease of use, electronic word of mouth, jejaring sosial, kualitas informasi, kualitas pariwisata, official website, Structural Equation Modelling (SEM),