Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1148 (Softcopy SK-630)
Collection Type Skripsi
Title Analisis pengaruh keterlibatan virtual community dalam pengembangan produk baru perusahaan: studi kasus gantibaju.com dan thinkcookcook.com
Author Suciwati Nursiam;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2013
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1148 (Softcopy SK-630) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 40855
Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat khususnya teknologi internet, banyak bidang yang mulai bergeser ke dunia virtual salah satunya komunitas. Anggota komunitas kini dapat berbagi ketertarikan yang sama melalui internet yang kemudian dapat disebut sebagai virtual community. Bagi perusahaan, virtual community dapat dimanfaatkan dalam pengembangan produk baru untuk mendapatkan pengaruh positif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh keterlibatan virtual community dalam pengembangan produk baru yang difokuskan pada parameter speed to market, kualitas produk, customer needs fulfillment, dan diferensiasi produk sesuai dengan model penelitian Chan dan teori Hoyer. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pemanfaatan dan efektivitas media sosial Facebook dan Twitter oleh perusahaan untuk membantu aktivitas pengembangan produk baru. Aktivitas-aktivitas yang diteliti telah disesuaikan dengan aktivitas pengembangan produk baru di media sosial yang dikemukakan oleh Shih. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu wawancara dan observasi online, kualitatif menggunakan teknik analisis data PLS-SEM, serta studi kasus dengan mengambil perusahaan Gantibaju.com dan Thinkcookcook.com sebagai perusahaan objek studi kasus. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap kualitas produk, customer needs fulfillment, dan diferensiasi produk pada perusahaan Gantibaju.com dan Thinkcookcook.com. Terdapat pengaruh positif terhadap speed to market di perusahaan Thinkcookcook.com, namun tidak pada Gantibaju.com. Untuk Thinkcookcook.com, Facebook merupakan media sosial yang paling efektif untuk melakukan aktivitas pengembangan produk baru, sedangkan Gantibaju.com lebih efektif menggunakan media sosial Twitter untuk melakukan aktivitas crowdsourcing ideation, finding answers and expertise, winning over the market, dan crowdsourcing feedback.
Favorite
EKSTRASI FITUR BENTTUK TUMOR PAYUDARA
Author: Aviarini Indrati, Sariffudin Madenda; | Publisher:
[Remove]
Pengenalan Pola Image Karakter Dengan Metode Nguyen Widrow
Author: Yudhi Adrian; | Publisher: Prosiding medan,25-26 februari 2011 konferensi nasional sistem informasi 20011 information system: bridging gap between theories and practices (KNSI)
[Remove]
Dictionary of troublesome words/ Bill Bryson
Author: Bryson, Bill; | Publisher:
[Remove]
Parallelism in hardware and software: Real and Apparent concurrency
Author: Lorin, Harold; | Publisher: New Jersey: Prentice-Hall, 1972
[Remove]