Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1265 (SOFTCOPY SK-746)
Collection Type Skripsi
Title Faktor-faktor kematangan keselarasan teknologi informasi dan bisnis pada strategic aligmnment model Luftman : Studi Komparatif pada usaha kecil, menengah, dan besar
Author Mohammad Ikhsan Rahardian;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2014
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1265 (SOFTCOPY SK-746) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 41956
ABSTRAK Nama : Mohammad Ikhsan Rahardian Program Studi : Sistem Informasi Judul : Faktor-faktor Kematangan Keselarasan Teknologi Informasi dan Bisnis pada Strategic Alignment Model Luftman: Studi Komparatif pada Usaha Kecil, Menengah, dan Besar Perbedaan karakteristik sumber daya dan keahlian banyak ditemukan di antara usaha kecil, menengah, dan besar. Hal ini dapat menyebabkan perbedaan yang signifikan dalam usaha pencapaian keselarasan TI (Teknologi Informasi) dan bisnis pada berbagai faktor. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengidentifikasi adanya perbedaan di antara usaha kecil, menengah, dan besar dalam usahanya mencapai keselarasan strategis. Tujuan kedua dalam penelitian adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan ini. 107 data dari responden yang dikumpulkan dari usaha kecil, menengah, dan besar di Indonesia, dibandingkan berdasarkan faktor-faktor berikut: komunikasi, pengukuran kompetensi, tata kelola, kemitraan, lingkup dan arsitektur, dan kemampuan. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode One-Way ANOVA dan Multiple Comparisons pada model Strategic Alignment Maturity yang dikembangkan oleh Luftman. Penelitian ini menemukan bahwa pada enam perbandingan faktor, usaha kecil dan menengah memiliki banyak kesamaan, sedangkan usaha besar unggul dalam pencapaian keselarasan secara signifikan. Penelitian ini juga memberikan analisis detil pada atribut-atribut yang ada di dalam enam faktor keselarasan strategis. Kata Kunci : Keselarasan strategis, Kematangan keselarasan, usaha kecil dan menengah,