Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1267 (SOFTCOPY SK-748)
Collection Type Skripsi
Title Analisis pengaruh kualitas situs M-commerce terhadap keinginan pengguna untuk membeli secara impulsif di Indonesia
Author Fauria Bisara;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2014
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1267 (SOFTCOPY SK-748) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 41958
ABSTRAK Nama : Fauria Bisara Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Kualitas Situs M-commerce terhadap Keinginan Pengguna untuk Membeli Secara Impulsif di Indonesia Maraknya penggunaan perangkat mobile di Indonesia, seperti smartphone dan tablet, mengakibatkan semakin mudahnya penelusuran situs perbelanjaan online di mana saja dan kapan saja. Meskipun demikian, masih sedikitnya pengguna perangkat mobile yang melakukan pembelian ketika menelusuri situs m-commerce menyebabkan tingkat penjualan vendor m-commerce di Indonesia masih terbilang rendah. Salah satu penyebabnya adalah dimungkinkan terjadinya suasana berbelanja online yang kurang memicu terjadinya keinginan membeli secara impulsif. Keinginan membeli secara impulsif adalah keinginan yang muncul secara spontan dan tidak terencana untuk membeli produk yang ada dikarenakan adanya cue impulsif. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas situs m-commerce sebagai cue impulsif yang membangun suasana berbelanja dapat memberi pengaruh terhadap keinginan pengguna untuk membeli secara impulsif. Kualitas situs m-commerce yang digunakan dalam penelitian ini, yakni content quality, appearance, service quality, dan ease of use. Data penelitian dikumpulkan secara online selama lima minggu sejak tanggal 3 April 2014 hingga tanggal 8 Mei 2014. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan partial least squares terhadap 212 responden yang pernah mengakses situs m-commerce. Penelitian ini menyimpulkan bahwa beberapa faktor kualitas situs m-commerce memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap keinginan membeli secara impulsif dan faktor ease of use merupakan kualitas situs m-commerce yang memberi pengaruh positif paling besar terhadap tingkat enjoyment, yang kemudian memberikan pengaruh positif terhadap impulsiveness dan browsing sehingga memberi pengaruh positif terhadap keinginan membeli secara impulsif. Kata Kunci: M-commerce, mobile, impulsif, kualitas situs, enjoyment, keinginan membeli.