Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-848 (softcopy KA-846) MAK KA-505
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna facebook terhadap facebook advertising
Author Hendrik Permana Kusuma;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2016
Subject Ads Acceptance
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-848 (softcopy KA-846) MAK KA-505 Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43601
ABSTRAK

Facebook merupakan media sosial yang banyak digunakan untuk berhubungan sosial secara daring. Pada perkembangannya Facebook mengembangkan sebuah model iklan berbayar yang akan muncul di halaman muka pengguna Facebook. Iklan berbayar ini banyak dimanfaatkan oleh brand-brand yang ingin mempromosikan produknya atau untuk meningkatkan brand awareness. Namun ternyata penerimaan pengguna Facebook terhadap iklan tersebut cukep rendah. Penelitian ini membahas faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pengguna Facebook terhadap iklan di Facebook melalui pendekatan trust transfer. Kerangka yang digunakan dalam membangun penelitian ini antara lain trust transfer, teori kepercayaan dan faktor determinannya, serta model Ads Effectiveness. PLS-SEM digunakan sebagai metode pengolahan data kuesioner dengan piranti WarpPLS sebagai perangkat pengolahan data. Data penelitian dikumpulkan dari 298 responden yang mengisi survei dalam bentuk kuesioner yang dibuat dengan menggunakan Google Forms. Kuesioner disebarkan secara daring melalui berbagai media sosial. Penelitian ini menemukan bahwa kepercayaan terhadap iklan merupakan faktor yang signifikan mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap iklan yang ada di Facebook. Lebih jauh lagi, faktor kepercayaan terhadap iklan tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain kepercayaan terhadap suatu brand, nilai efektifitas suatu iklan, dan familiaritas terhadap brand sebagai faktor yang berpengaruh terhadap kepercayaan terhadap iklan di Facebook