Call Number | KA-848 (softcopy KA-846) MAK KA-505 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna facebook terhadap facebook advertising |
Author | Hendrik Permana Kusuma; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2016 |
Subject | Ads Acceptance |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-848 (softcopy KA-846) MAK KA-505 | Indonesia | TERSEDIA |
Facebook merupakan media sosial yang banyak digunakan untuk berhubungan sosial secara daring. Pada perkembangannya Facebook mengembangkan sebuah model iklan berbayar yang akan muncul di halaman muka pengguna Facebook. Iklan berbayar ini banyak dimanfaatkan oleh brand-brand yang ingin mempromosikan produknya atau untuk meningkatkan brand awareness. Namun ternyata penerimaan pengguna Facebook terhadap iklan tersebut cukep rendah. Penelitian ini membahas faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pengguna Facebook terhadap iklan di Facebook melalui pendekatan trust transfer. Kerangka yang digunakan dalam membangun penelitian ini antara lain trust transfer, teori kepercayaan dan faktor determinannya, serta model Ads Effectiveness. PLS-SEM digunakan sebagai metode pengolahan data kuesioner dengan piranti WarpPLS sebagai perangkat pengolahan data. Data penelitian dikumpulkan dari 298 responden yang mengisi survei dalam bentuk kuesioner yang dibuat dengan menggunakan Google Forms. Kuesioner disebarkan secara daring melalui berbagai media sosial. Penelitian ini menemukan bahwa kepercayaan terhadap iklan merupakan faktor yang signifikan mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap iklan yang ada di Facebook. Lebih jauh lagi, faktor kepercayaan terhadap iklan tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain kepercayaan terhadap suatu brand, nilai efektifitas suatu iklan, dan familiaritas terhadap brand sebagai faktor yang berpengaruh terhadap kepercayaan terhadap iklan di Facebook