Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1515 (Softcopy SK-997)
Collection Type Skripsi
Title Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kualitas produk dan brand trust dan dampaknya pada purchase intention menggunakan perspektif elaboration likelehood model: studi kasus video tutorial makeup youtube
Author William Chandra;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2017
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1515 (Softcopy SK-997) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 44306
ABSTRAK Nama : William Chandra Program Studi : Sistem Informasi Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Kualitas Produk dan Brand Trust dan Dampaknya pada Purchase Intention Menggunakan Perspektif Elaboration Likelihood Model: Studi Kasus Video Tutorial Makeup Youtube Berdasarkan tipe produk secara umum, terdapat dua tipe produk yang kualitasnya tidak dapat dinilai secara langsung, yaitu experience product dan credence product. Konsumen memerlukan faktor lain agar dapat menilai kualitas produk tersebut. Namun, terdapat banyak faktor potensial yang dapat menjadi faktor tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis mengenai faktor yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen akan kualitas produk. Penelitian ini mengajukan dua faktor potensial yang dapat dijadikan faktor yaitu celebrity endorser dan video ad effectiveness. Penelitian ini menggunakan video tutorial makeup Youtube untuk menganalisis pengaruh faktor tersebut dan menggunakan perspektif Elaboration Likelihood Model (ELM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser dan video ad effectiveness terhadap kualitas produk dan brand trust dan dampaknya pada purchase intention pada video tutorial makeup Youtube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengumpulkan data menggunakan metode survei. Penulis berhasil mengumpulkan 1788 data responden yang mengisi kuesioner yang disebarkan secara online. Penulis menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser, video ad effectiveness, dan brand trust memberikan pengaruh positif terhadap perceived product quality. Faktor brand trust memberikan pengaruh paling besar terhadap perceived product quality. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat pengaruh positif celebrity endorser dan video ad effectiveness terhadap brand trust. Video ad effectiveness memberi pengaruh yang lebih signifikan pada brand trust dibanding celebrity endorser. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa brand trust dan perceived product quality berpengaruh positif terhadap purchase intention. Kata Kunci: Persepsi kualitas produk, celebrity endorser, efektivitas video iklan, kepercayaan terhadap brand, keinginan untuk membeli, Elaboration Likelihood Model (ELM)