Call Number | T-1177 (Softcopy T-886) |
Collection Type | Tesis |
Title | Rancangan assement tool KM readiness di tingkat sekolah menengah atas dengan memerhtikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan penerapan knowledge management |
Author | Ari Hendarno; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2016 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
T-1177 (Softcopy T-886) | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Ari Hendarno Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Rancangan Assessment Tool Km Readiness di Tingkat Sekolah Menengah Atas dengan Memerhatikan Faktor- Faktor yang Memengaruhi Kesiapan Penerapan Knowledge Management Hilangnya pengetahuan (knowledge) di dalam sebuah organisasi pendidikan merupakan suatu kerugian yang besar. Hal ini dapat disebabkan banyak hal, diantaranya tidak ada sistem yang menyimpan pengetahuan tersebut atau pun pergantian pegawai (turnover) yang dialami organisasi. Knowledge Management (KM) dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Namun pada kenyataanya tingkat kegagalan penerapan KM sangatlah tinggi. Keberhasilan penerapan knowledge management (KM) dipengaruhi oleh kesiapan suatu organisasi sebelum KM tersebut diterapkan. Kesiapan penerapan KM (KM readiness) merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh organisasi untuk secara sukses mengadopsi, menggunakan dan memanfaatkan suatu Knowledge Management. KM readiness ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berbeda antara satu organisasi dengan organisasi lainya. Dalam penelitian ini dirancang sebuah assessment tool untuk menilai KM readiness. Rancangan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terkait dengan KM readiness organisasi. Untuk itu peneliti mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi KM readiness di Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada penelitian ini diajukan enam faktor yang memengaruhi KM readiness, yaitu budaya organisasi, struktur organisasi, teknologi informasi, inovasi KM, ekspektasi terhadap performa KM, dan ekspektasi terhadap kemudahan KM. Model yang dibuat dalam penelitian ini diwujudkan dalam bentuk kuesioner dan diujikan kepada 126 responden pegawai SMA di Jakarta. Pengolahan data menggunakan software Smart PLS 3.2.4 dengan teknik Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari uji model yang dibuat menyatakan bahwa ada 3 faktor yang memengaruhi KM readiness, yaitu budaya organisasi, ekspektasi performa KM, dan inovasi KM. Rancangan assessment tool yang dipengaruhi faktor-faktor tersebut dapat mempermudah penggunanya untuk menilai tingkat kesiapan penerapan knowledge management di tingkat SMA. Kata Kunci: KM readiness, Knowledge Management, Budaya organisasi, Ekspektasi performa KM, Inovasi, SMA, Assessment Tool KM Readiness