Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1540 (Softcopy SK-1022)
Collection Type Skripsi
Title Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Melakukan Donasi Online Berdasarkan Perspektif Perceived Credibility dan Elaboration Likelihood Model: Studi Kasus Website Kitabisa
Author Latifatul Khairiyah;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2017
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1540 (Softcopy SK-1022) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 44979
ABSTRAK Nama : LATIFATUL KHAIRIYAH Program Studi : Sistem Informasi Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Melakukan Donasi Online Berdasarkan Perspektif Perceived Credibility dan Elaboration Likelihood Model: Studi Kasus Website Kitabisa Banyaknya informasi yang tersedia dari berbagai sumber serta kurangnya regulasi dalam proses pembuatan informasi merupakan faktor yang seringkali membuat pembaca meragukan kredibilitas informasi di media online. Selain itu banyaknya kejahatan online yang terjadi saat ini, seperti penipuan dan pencurian informasi personal, membuat pengguna media online menjadi lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi di media tersebut. Hal ini juga terjadi pada donasi online yang melibatkan transaksi berdasarkan kepercayaan calon donatur terhadap proyek donasi yang akan didanai. Oleh karena itu, diperlukan suatu pengukuran baru yang dapat membantu memperkirakan intensi seseorang dalam melakukan donasi online. Penelitian ini mengajukan tiga faktor utama yang dapat mempengaruhi keinginan calon donatur untuk melakukan donasi online. Faktor-faktor tersebut adalah website credibility, campaign credibility, dan organizational credibility. Ketiga faktor ini nantinya akan dibentuk oleh faktor-faktor lain yang mempengaruhi kredibilitas. Seluruh faktor tersebut kemudian dirangkai dalam teori Elaboration Likelihood Model (ELM). Penelitian ini akan dianalisis menggunakan PLS-SEM berdasarkan data kuesioner sebanyak 503 responden. Hasil analisis menemukan bahwa online donation intention dipengaruhi secara langsung oleh campaign credibility.Selain itu, terdapat dua proses credibility transfer yang ditemukan pada penelitian ini, yaitu antara website credibility dengan campaign credibility, serta antara organizational credibility dengan website credibility. Kata Kunci: Website credibility, campaign credibility, organizational credibility, intention, online donation, Elaboration Likelihood Model (ELM)