Call Number | KA-1125 (Softcopi KA-1119) MAK KA-771 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | APP Usability And Customer Experience Of Online Taxi Motorbike - The Case Of Gojek |
Author | Maulida Dwi Agustiningsih; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2018 |
Subject | Usability, Customer Experience |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-1125 (Softcopi KA-1119) MAK KA-771 | Ind | TERSEDIA |
Teknologi seperti internet dan perangkat bergerak mempengaruhi gaya hidup manusia. GO-JEK salah satu layanan transportasi pemesanan daring di Indonesia memberikan pengalaman baru dalam menggunakan transportasi. Penting bagi penyedia layanan aplikasi transportasi untuk menjaga intensi penggunaan aplikasi. Usability merupakan salah satu komponen utama aplikasi. Pemahaman terhadap usability dapat membantu perusahaan atau penyedia layanan aplikasi transportasi untuk meningkatkan intensi penggunaan. Saat ini, konsumen lebih sadar terhadap kualitas layanan sehingga customer experience menjadi krusial bagi perusahaan. Keputusan konsumen dalam menggunakan produk atau layanan dipengaruhi oleh customer experience. Penelitian ini fokus pada pemahaman customer experience pengguna aplikasi sepeda motor dengan menganalisis hubungan usability aplikasi terhadap customer experience dan nilai penggunaanya. System Usability Scale (SUS) dan Customer Experience Quality (EXQ) digunakan dalam model penelitian. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner (n=559) dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil analisis menunjukkan usability aplikasi berpengaruh positif terhadap customer experience. Dimensi customer experience selain outcome focus berpengaruh positif terhadap customer satisfaction. Namun, customer satisfaction tidak dipengaruhi oleh outcome focus. Customer satisfaction mempengaruhi loyalitas dan Word-of-Mouth (WOM). Loyalty berhubungan positif terhadap WOM.