Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Pengarang Maulida Dwi Agustiningsih;
Kata Kunci Usability, Customer Experience, Ojek Daring
Pembimbing 2 Betty Purwandari
Penerbit Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2018
Barcode RFID baru 11790025
Progam Studi Magister Teknologi Informasi
Tahun Angkatan 2016
Lokasi FASILKOM-UI;
Lulus semester MTI Genap 2017/2018
Abstrak Indonesia
ABSTRAK

Teknologi seperti internet dan perangkat bergerak mempengaruhi gaya hidup manusia. GO-JEK salah satu layanan transportasi pemesanan daring di Indonesia memberikan pengalaman baru dalam menggunakan transportasi. Penting bagi penyedia layanan aplikasi transportasi untuk menjaga intensi penggunaan aplikasi. Usability merupakan salah satu komponen utama aplikasi. Pemahaman terhadap usability dapat membantu perusahaan atau penyedia layanan aplikasi transportasi untuk meningkatkan intensi penggunaan. Saat ini, konsumen lebih sadar terhadap kualitas layanan sehingga customer experience menjadi krusial bagi perusahaan. Keputusan konsumen dalam menggunakan produk atau layanan dipengaruhi oleh customer experience. Penelitian ini fokus pada pemahaman customer experience pengguna aplikasi sepeda motor dengan menganalisis hubungan usability aplikasi terhadap customer experience dan nilai penggunaanya. System Usability Scale (SUS) dan Customer Experience Quality (EXQ) digunakan dalam model penelitian. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner (n=559) dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil analisis menunjukkan usability aplikasi berpengaruh positif terhadap customer experience. Dimensi customer experience selain outcome focus berpengaruh positif terhadap customer satisfaction. Namun, customer satisfaction tidak dipengaruhi oleh outcome focus. Customer satisfaction mempengaruhi loyalitas dan Word-of-Mouth (WOM). Loyalty berhubungan positif terhadap WOM.

Judul APP Usability And Customer Experience Of Online Taxi Motorbike - The Case Of Gojek
Tgl Pemasukan Juli 2018
NPM 1606858900
Abstrak English
ABSTRAK

Technology creates new ways of conducting business and changing the way people communicate, interact, and entertain. GO-JEK as motorcycle ride-hailing phone service in Indonesia brings a different experience from conventional taxi motorbike to online taxi motorbike. However, learning through experience, humans are not perfect users. The mobile application depends on its usability. Understanding usability of the mobile application can help increase user continuous improvement. It is essential for the mobile taxi booking application‘s service providers to know how to keep their present users and to know how the users develop their continuance intent. By understanding the customer experience, its drivers, and outcomes become crucial, especially when experiences are the core of the service offering. This study focuses on understanding the customer experience of Online Taxi Motorbike, by analyzing the perceived usability of online taxi motorbike application to the customer experience of services and the value of use it. The structural model adopted from a combination of System Usability Scale (SUS) and Customer Experience Quality (EXQ). The data are collected by questionnaire (n=559) and analyzed using PLS-SEM. The result is the usability of application positively relates to customers experience. The customer experience dimensions except for outcome focus relate to customer satisfaction. However, the customer satisfaction is not influenced by the outcome focus. Satisfactions influence the loyalty and Word-of-Mouth (WOM). And loyal customer positively relates to WOM.

Tahun 2018
Subjek Usability, Customer Experience
Pembimbing 1 Tzu Chuan Chou
Fisik xii, 74 hlm. :ill, 30 cm
Bahasa Ind
No. Panggil KA-1125 (Softcopi KA-1119) MAK KA-771
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1125 (Softcopi KA-1119) MAK KA-771 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46230
ABSTRAK

Teknologi seperti internet dan perangkat bergerak mempengaruhi gaya hidup manusia. GO-JEK salah satu layanan transportasi pemesanan daring di Indonesia memberikan pengalaman baru dalam menggunakan transportasi. Penting bagi penyedia layanan aplikasi transportasi untuk menjaga intensi penggunaan aplikasi. Usability merupakan salah satu komponen utama aplikasi. Pemahaman terhadap usability dapat membantu perusahaan atau penyedia layanan aplikasi transportasi untuk meningkatkan intensi penggunaan. Saat ini, konsumen lebih sadar terhadap kualitas layanan sehingga customer experience menjadi krusial bagi perusahaan. Keputusan konsumen dalam menggunakan produk atau layanan dipengaruhi oleh customer experience. Penelitian ini fokus pada pemahaman customer experience pengguna aplikasi sepeda motor dengan menganalisis hubungan usability aplikasi terhadap customer experience dan nilai penggunaanya. System Usability Scale (SUS) dan Customer Experience Quality (EXQ) digunakan dalam model penelitian. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner (n=559) dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil analisis menunjukkan usability aplikasi berpengaruh positif terhadap customer experience. Dimensi customer experience selain outcome focus berpengaruh positif terhadap customer satisfaction. Namun, customer satisfaction tidak dipengaruhi oleh outcome focus. Customer satisfaction mempengaruhi loyalitas dan Word-of-Mouth (WOM). Loyalty berhubungan positif terhadap WOM.