Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1659 (Softcopy Sk-1141)
Collection Type Skripsi
Title Desain fitur quick review untuk menunjang interaksi partisipasi pembelajaran daring pada scele Fasilkom UI
Author Andre Ramadhani;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1659 (Softcopy Sk-1141) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46454
ABSTRAK Nama : Andre Ramadhani Program Studi : Sistem Informasi Judul : Desain Fitur Quick Review untuk Menunjang Interaksi Partisipan Pembelajaran Daring pada SCELE Fasilkom UI SCELE Fasilkom UI merupakan Learning Management System (LMS) yang dikembangkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Dibangun pada tahun 2004, SCELE menyediakan berbagai modul untuk mendukung proses pembelajaran di Fasilkom UI. Salah satu modul tersebut adalah forum diskusi dalam jaringan. Namun, forum diskusi pada SCELE cenderung menyebabkan ketidakpastian dalam pemberian respon atau umpan balik dari dosen, sehingga dapat menurunkan motivasi mahasiswa. Oleh sebab itu, diusulkan sebuah solusi untuk mempercepat proses respon dosen kepada mahasiswa, yaitu fitur quick review. Pada penelitian ini, dilakukan pengembangan desain prototipe dari fitur quick review menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD). Penelitian ini menghasilkan kebutuhan dari segi pembelajaran daring, spesifikasi, dan usulan desain untuk fitur quick review. Selain pengembangan desain prototipe, dilakukan pula evaluasi dari desain prototipe menggunakan pendekatan usability testing. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 3 dari 5 dosen merasa bahwa fitur ini sudah membantu dalam proses respon cepat, dan didapatkan 11 permasalahan usability dan ruang untuk perkembangan fitur ini dari segi desain interaksi. Kata kunci: SCELE, forum diskusi, fitur quick review, User-Centered Design, usability testing