Call Number | T-1232 (Softcopy T-940) Mak T-39 |
Collection Type | Tesis |
Title | Pengembangan Model Adopsi Instagram for Business oleh Usaha Mikro, Kecil dari Menengah (UMKM) di Indonesia Berdasarkan Stimulus-Organism-Response (S-O-R) |
Author | Regina Carla Handayani; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2019 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
T-1232 (Softcopy T-940) Mak T-39 | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Regina Carla Handayani Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Model Adopsi Instagram for Business oleh Usaha Mikro, Kecil dari Menengah (UMKM) di Indonesia Berdasarkan Stimulus-Organism-Response (S-O-R) Perkembangan Internet dan perangkat telepon pintar secara langsung dapat mempengaruhi masyarakat dalam menggunakan media sosial. Peningkatan pengguna media sosial dapat dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Instagram sebagai platform komplementer dari e-marketplace berpeluang besar dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Pada kenyataannya, di Indonesia Instagram for Business belum secara efektif digunakan oleh UMKM. Penelitian ini membangun model adopsi Instagram for Business berdasarkan model Stimulus-Organism-Response (S-O-R) oleh UMKM. Metodologi penelitian menggunakan kuantitatif dan kualitatif (mixed methods), data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner kepada UMKM dan pembelinya di Instagram. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan dengan beberapa UMKM. Model S-O-R digunakan pada penelitian sebelumnya mengenai impulse buying di Facebook. Pada penelitian ini model S-O-R dikembangkan untuk menganalisis response dari stimulus, berupa impulse buying, kepada UMKM dan pembelinya, yang dianggap sebagai organism. Data responden yang terkumpul diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil dari pengujian model S-O-R menunjukkan bahwa respon impulse buying dari sudut pandang UMKM hanya dipengaruhi oleh stimulus yang memiliki pengaruh positif secara langsung pada perceived usefulness yaitu product availability, ease of use, visual appeal dan advertisement content yang berdampak pada adopsi serta impulse buying. Apabila dari sudut pandang pembeli, keseluruhan stimulus tersebut memiliki pengaruh positif terhadap perceived usefulness dan perceived enjoyment yang mengestimasi respon perilaku impulsif dari pembeli. Kata Kunci: Social Commerce, Instagram for Business, UMKM, Online Impulse Buying, Stimulus-Organism-Response, PLS-SEM