Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1206 (Softcopi KA-1199) MAK KA-852
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis faktor-faktor penerimaan mobile payment di indonesia dengan: studi kasus yap! (your all payment)
Author I Gede Adi Surya Atmajaya;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2019
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1206 (Softcopi KA-1199) MAK KA-852 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46729
ABSTRAK

ABSTRAK Nama Program Studi Judul 1 Gede Adi Surya Atmajaya Magister Teknologi Informasi Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Mobile Payment di Indonesia dengan Studi Kasus yap! (Your All Payment) Dr. Putu W Handayani, S.Kom., M.Sc. Pembimbing Penelitian mengenai penerimaan mobile payment semakin populer bersamaan dengan semakin berkembangnya industri ecommerce dan penggunaan teknologi seluler Penerimaan mobile payment oleh pengguna dapat ditunjukkan dari perilaku keseharian. Penelitian ini akan membahas mengenai penerimaan mobile payment di Indonesia dengan studi kasus mobile payment yap!. Model yang digunakan dalam penelitian adalah TAM (Technology Acceptance Model) dan proses analisis menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square). Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan analisis dari data primer berupa kuesioner yang disebar kepada seluruh pengguna yap! Pada penelitian ini akan melakukan pengujian terhadap faktor-faktor apa saja yang memengaruhi terhadap penggunaan mobile payment yap!. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama seseorang dalam menggunakan layanan mobile payment yap! dipengaruhi oleh pengalaman seseorang dalam menggunakan layanan mobile payment (atitude toward using) dan pengaruh sosial dari seseorang (perceived social influence). Pengalaman yang diharapkan tersebut ditunjang oleh persepsi manfaat dari layanan mobile payment. Persepsi manfaat ini dipengaruhi oleh tingkat kemudahan, kemudian tingkat kesesuaian dari kebiasaan seseorang dalam bertransaksi pembayaran berpengaruh terhadap nilai manfaat dan kemudahan dari layanan mobile payment. Hal ini dapat digunakan penyedia layanan mobile payment untuk membuat layanan dengan aplikasi yang mudah digunakan, nyaman, dan memiliki daya ketertarikan bagi pengguna seperti pemberian gimmick pada transaksi pembayaran tertentu. Dampak dari pengaruh sosial juga dapat dimanfaatkan dalam bentuk promosi untuk mengenalkan layanan mobile payment yang memiliki manfaat lebih mudah dan lebih lengkap untuk digunakan dalam transaksi pembayaran di Indonesia. Kata Kunci Faktor penerimaan, mobile payment, yap), TAM, SEM-PLS