Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1739 (Sofcopy SK-1221)
Collection Type Skripsi
Title Visualisasi informasi dari kemampuan metakognisi dalam proses pengembangan perangkat lunak berbasis apdapted engineering design metacognitive questionaire
Author Resthu Rizfarchan Adisurya;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universias Indonesia, 2019
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1739 (Sofcopy SK-1221) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46801
ABSTRAK Nama : Resthu Rizfarchan Adisurya Program Studi : 1506732961 Judul : Visualisasi Informasi dari Kemampuan Metakognisi dalam Proses Pengembangan Perangkat Lunak berbasis Adapted Engineering Design Metacognitive Questionnaire Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. & Suci Fadhilah, S.Kom., M.A. Dalam rekayasa perangkat lunak baik berkelompok maupun sendiri, terdapat berbagai macam aspek yang dapat menentukan keberhasilan dalam mengembangkan perangkat lunak, termasuk kemampuan masing-masing pengembang. Penelitian menemukan bahwa penerapan metakognisi dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengembangan perangkat lunak. Untuk mengukur kemampuan metakognisi seseorang, dibutuhkan sebuah alat ukur metakognisi, salah satunya adalah adapted engineering design metacognitive questionnaire. Namun alat yang sudah ada masih dirasa belum memberikan manfaat bagi responden kuesioner. Oleh karena itu diadakanlah sebuah penelitian untuk mengembangkan alat visualisasi informasi dari hasil pengukuran metakognisi lewat adapted engineering design metacognitive questionnaire. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan metode yang diadaptasi dari pendekatan user-centered design, yaitu analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain, purwarupa, dan evaluasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan adanya visualisasi informasi, mahasiswa sebagai responden kuesioner adapted engineering design metacognitive questionnaire merasakan manfaat dari mengisi kuesioner tersebut berupa pengetahuan mengenai kemampuan metakognisinya. Namun dari sisi desain, masih banyak yang dapat ditingkatkan lagi agar visualisasinya lebih informatif. Kata kunci: Adapted EDMQ, metakognisi, self-regulated learning, usability testing, user-centered design, visualisasi informasi