Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-0533(Softkopi SK-24)
Collection Type Skripsi
Title Penerapan design patterns untuk implementasi alat bantu requirements management berbasis komputer genggam/ A. Sasmito Adibowo
Author A. Sasmito Adibowo,;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2003
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-0533(Softkopi SK-24) 03/10094 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 4715
Proyek tugas akhir ini membuat alat bantu untuk requirements management yang dapat digunakan di komputer genggam. Perangkat lunak yang dinamakan rambutan - requirements management tool for busy system analysts ini terdiri dari dua aplikasi, satu untuk digunakan di komputer desktop sedangkan yang lain untuk di komputer handhed. Program di desktop diimplementasikan dengan java 2 standard edition sebagai aplikasi GUI swing. Sedangkan program untuk komputer genggam diterapkan menggunakan SuperWaba sehingga dapat dijalankan di komputer-komputer handheld berbasis Palm OS, Windows CE, dan PocketPC. Perangkat lunak ini diterapkan dengan design patterns untuk meningkatkan kualitas arsitektur program sehingga dapat memfasilitasi pengembangan selanjutnya. Landasan konsep requirements management yang dipergunakan bertolak dari requirements Markup Language (ROML), sebuah format XML untuk menyiapkan dokumen requirements, yang juga menjadi cakupan RQML adalah yang ditulis secara tekstual dalam bahasa alami. Sedangkan rancangan RQML sendiri didasarkan pada kelompok best practices di dalam requirements management sehingga RQML tidak tergantung pada metodologi pengembangan perangkat lunak tertentu. Laporan tugas akhir ini terdiri dari dua bagian utama yaitu landasan teori yang diikuti dengan bab-bab yang terkait pada pembuatan program. Landasan teori memberikan perkenalan terhadap berbagai teori yang digunakan dalam pembuatan program; meliputi requirements engineering., XML, Requirements Markup Language (RQML), dan design patterns. Sedangkan pembahasan program meliputi analisis dan perancangan, implementasi, serta pengujian. Tulisan ini diakhiri dengan satu bab penutup yang memberikan rangkuman, kesimpulan, dan saran untuk penelitian-penelitian selanjutkan.