Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1747 (Softcopy SK-1229)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan modul e-learning interaktif berdasarkan preferensi visual dan globall dalam gaya belajar felder-silverman
Author Febrian Fikar F.H.S;
Publisher Depok: Fkultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject Depok, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1747 (Softcopy SK-1229) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 47445
ABSTRAK Nama : Febrian Fikar Farras Hendra Syahputra Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Modul E-Learning Interaktif Berdasarkan Preferensi Visual dan Global dalam Gaya Belajar Felder-Silverman Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom, M.Kom, Ph.D. Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc, M.Bus. Isu perbedaan gaya belajar menyebabkan beberapa pelajar merasa kurang maksimal belajar di dalam kelas, kemudian muncul e-Learning yang menawarkan kebebasan mencari informasi pembelajaran, namun kebebasan tersebut tidak dapat menjamin cakupan materi yang dilalui pelajar. Menurut penelitian-penelitian sebelumnya, pembelajar akan lebih mengelaborasi materi jika disuguhkan secara interaktif. Berangkat dari isu tersebut, penelitian ini bermaksud untuk memberikan desain interaksi alternatif untuk modul e-Learning dengan menambahkan berbagai fitur terutama dalam hal visual supaya penggunaan menjadi lebih mudah dan interaktif. Dengan menggunakan metode user-centered design (UCD) penelitian ini memiliki beberapa tahap penting yang dibutuhkan untuk menghasilkan purwarupa desain interaksi dan hasil evaluasi desain interaksi. Hasilnya adalah pemetaan konten materi dan cara navigasi konten materi yang kemudian dibuat menjadi sebuah purwarupa modul e-Learning interaktif. Purwarupa dievaluasi dengan wawancara kontekstual untuk mendapatkan kritik dan saran mengenai konten materi dan interaksi yang ada pada modul e-Learning interaktif. Setelah dievaluasi, purwarupa yang dibuat ternyata cukup baik dan sesuai dengan harapan pengguna dalam hal penjabaran konten, navigasi konten, dan dalam hal interaktifitas keseluruhan modul. Kata kunci: desain interaksi, e-Learning, visual, user-centered design