Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1756 (Softcopy SK-1238 Source code SK-703)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan Modul Pembelajaran Computational Thinking Berbasis Maze Problem dengan Pendekatan Game-based Learning dan User Centered Design
Author Yudha Satria Pradana Ganesha Putra;
Publisher Depok: Fkultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject Depok, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1756 (Softcopy SK-1238 Source code SK-703) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 47461
ABSTRAK Nama : Yudha Satria Pradana Ganesha Putra Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan Modul Pembelajaran Computational Thinking Berbasis Maze Problem dengan Pendekatan Game-based Learning dan User Centered Design Pembimbing : Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal M.Sc. & Harry Budi Santoso S.Kom., M.Kom., Ph.D. Game-based learning adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang muncul di era teknologi ini dengan cara mengemas materi pembelajaran menjadi sesuatu yang menyenangkan dan bisa direlasikan ke kehidupan sehari-hari. Salah satu ilmu yang dapat diajarkan melalui game-based learning adalah computational thinking, suatu kumpulan keahlian berpikir yang berguna di masa yang bergantung pada teknologi. Survei yang dilakukan pada peserta Open House Fasilkom UI menunjukkan bahwa kegiatan game yang mengajarkan programming ini positif namun belum maksimal dan dapat diperbaiki. Penelitian dilakukan untuk membuat rancangan pembelajaran berbasis game untuk materi computational thinking dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran serta pengalaman pengguna yang dialami ketika memainkan game-based learning berdasarkan computational thinking dan menggunakan maze problem sebagai kajian penelitian dan level design. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan user-centered design dengan analisis kebutuhan pengguna, desain alternatif, pembuatan prototipe, dan evaluasi. Hasil kebutuhan pengguna diimplementasi dengan prinsip pengembangan game. Prototipe game dievaluasi menggunakan metode playtesting dengan batasan mengevaluasi game playability. Hasil penelitian menemukan bahwa proses pembelajaran dan pengalaman pengguna, yaitu mahasiswa, memberikan hasil positif yakni merasakan proses pembelajaran dan fun aspect dari game. Dari segi desain interaksi, beberapa aspek masih dapat ditingkatkan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih informatif. Kata kunci: Computational Thinking, User Centered Design, Game-based learning, Game Development, Maze Problem