Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1796 (Softcopy SK-1278)
Collection Type Skripsi
Title Pengaruh IT affordance terhadap faktor product uncertainty dalam intensi pembelian produk menggunakan live streaming pada e-commerce
Author Aldo Bagus Eryanto;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1796 (Softcopy SK-1278) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48269
vii Universitas Indonesia ABSTRAK Nama : Aldo Bagus Eryanto Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengaruh IT Affordance terhadap Faktor Product Uncertainty dalam Intensi Pembelian Produk Menggunakan Live streaming pada E-Commerce Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom Perkembangan dunia live video streaming pada e-commerce platforms terjadi sangat pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fitur teknis pada live streaming dari perspektif teori IT affordance, product uncertainty, dan jenis produk terhadap intensi pembelian produk melalui e-commerce platforms. Konsep IT Affordance mengacu pada potensi tindakan yang dilakukan individu atau organisasi dengan tujuan tertentu yang dapat dilakukan dengan bantuan teknologi atau sistem informasi. Pada penelitian ini digunakan 3 sub-dimensi IT Affordance yaitu visibility, metavoicing, dan social connecting sebagai alat pengukuran faktor IT yang dapat mempengaruhi perilaku pengguna dalam live streaming. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online yang melibatkan 322 responden. Dalam pengolahan data, penulis mengguanakan IBM AMOS 26.0 dan SmartPLS. Penggunaan tools IBM AMOS 26.0 digunakan untuk melakukan konfirmasi terhadap hipotesis yang dibangun sementara SmartPLS digunakan spesifik untuk melakukan analisis efek moderasi. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa tingkat uncertainty terkait produk mempengaruhi intensi seseorang dalam melakukan belanja menggunakan live streaming dan menunjukan bahwa aspek visibility, metavoicing, dan social connecting serta tipe produk yang ditonton juga berpengaruh terhadap tingkat uncertainty pengguna live stream. Oleh karena itu, untuk meningkatkan intensi pengguna dalam berbelanja di e-commerce diperlukan aspek hingga fitur teknis IT pada live streaming yang baik. Kata kunci: IT Affordance, Live Streaming, Purchase Intention, E-Commerce, Product Uncertainty