Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1815 (Softcopy SK-1297)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Aktivitas Pembelajaran secara Daring Paytren Academy berdasarkan Gagné Nine Events of Instruction dan Teori Pembelajaran Daring. Pembimbing : Dr. Dra. K
Author Agas Yanpratama;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1815 (Softcopy SK-1297) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48361
ABSTRAK Nama : Agas Yanpratama Program Studi : Sarjana Ilmu Komputer Judul : Analisis Aktivitas Pembelajaran secara Daring Paytren Academy berdasarkan Gagné Nine Events of Instruction dan Teori Pembelajaran Daring. Pembimbing : Dr. Dra. Kasiyah M.Sc. Harry Budi Santoso M.Kom., Ph.D. Kemudahan pembelajaran daring saat ini membuat munculnya berbagai sistem pembelajaran daring di Indonesia dengan target pengguna yang berbeda. Penelitian dilakukan dengan fokus pada sistem MOOC Paytren Academy karena tema pembelajaran yang dibawakan berfokus kepada peningkatan keterampilan dan pengetahuan pengguna pada kehidupannya sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat luas terutama bagi orang dewasa yang sudah bekerja dan terkendala untuk mengambil kuliah secara tatap muka. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang ada pada sistem tersebut berdasarkan prinsip Gagné nine events of instruction dan teori pembelajaran daring khususnya online collaborative learning dan teori constructivism dalam pembelajaran daring. Penelitian dilakukan dengan pendekatan metode campuran dengan menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk menganalisis data antarmuka dan data kuantitatif yang ada tentang sistem. Hasil penelitian menunjukkan perlu ada perbaikan minor dalam alur pembelajaran yang sudah ada dalam sistem dan dalam penerapan prinsip Gagné nine events of instruction. Penelitian memberikan rekomendasi perbaikan penerapan prinsip tersebut dan teori pembelajaran daring pada sistem Paytren Academy untuk meningkatkan tingkat penguasaan materi pembelajar. Evaluasi dan rekomendasi yang diajukan dapat digeneralisasi sehingga bisa menjadi alternatif evaluasi dan meningkatkan penerapan prinsip yang sama pada sistem yang serupa. Kata kunci: MOOC, Paytren Academy, Evaluasi Pembelajaran, Gagné’s nine events of instruction, Teori Pembelajaran Daring