Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1852 (Softcopy) SK-1334
Collection Type Skripsi
Title Analisis Pengaruh Media Richness dan Interactivity dalam Visualisasi Tampilan Hotel terhadap Intensi Memesan Hotel pada Aplikasi Online Travel Agency (OTA)
Author Rafif Iqbal Shaputra;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonsia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1852 (Softcopy) SK-1334 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48693
ABSTRAK Nama : Rafif Iqbal Shaputra Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Media Richness dan Interactivity dalam Visualisasi Tampilan Hotel terhadap Intensi Memesan Hotel pada Aplikasi Online Travel Agency (OTA) Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom, M.Kom dan Larastri Kumaralalita, S.Kom., M.Sc. Visualisasi tampilan hotel menjadi salah satu acuan utama pelanggan ketika melakukan pemesanan hotel secara online melalui online travel agency (OTA). Penerapan visualisasi tampilan hotel diharapakan dapat maksimal agar dapat meningkatkan intensi memesan hotel. Visualisasi tampilan dapat menjadi lebih maksimal jika menerapkan konsep media richness dan interactivity. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh media richness dan interactivity pada trust, perceived valuež dan attitude terhadap intensi memesan hotel. Metode yang digunakan pada penelitian adalah eksperimental between subject 2 (media richness: tinggi atau rendah) x 2 (interactivity: tinggi atau rendah). Data valid yang diperoleh sebanyak 152 responden dan diolah menggunakan metode ANOVA dan analisis mediasi pada aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visualisasi tampilan dengan media richness dan interactivity tinggi akan memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap trust, perceived valueždan attitude dibandingkan dengan media richness dan interactivity rendah. Pada hubungan interaksinya, hasil yang diperoleh adalah pengaruh media richness yang disertai dengan interactivity tinggi memiliki pengaruh lebih signifikan terhadap trust dan attitude dibandingkan dengan yang disertai interactivitiy rendah. Berkaitan dengan variabel mediasinya, yaitu trust, perceived value, dan attitude, masing-masingnya memiliki pengaruh positif terhadap intensi memesan hotel dan memediasi hubungan antara media richness dan intensi memesan hotel. Kata kunci: Attitude, intensi memesan, interactivity, online travel agency, media richness, perceived value, trust.