Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1942 (Softcopy SK-1424)
Collection Type Skripsi
Title Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Massive Open Online Course (MOOC) Paytren Academy Versi Mobile Berdasarkan Prinsip Desain Instruksional dan Desain Interaksi
Author Farah Alhaniy Efendi;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1942 (Softcopy SK-1424) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49097
ABSTRAK Nama : Farah Alhaniy Efendi Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Massive Open Online Course (MOOC) Paytren Academy Versi Mobile Berdasarkan Prinsip Desain Instruksional dan Desain Interaksi Penelitian ini berfokus pada Paytren Academy sebagai salah satu platform penyedia MOOC. Rata-rata tingkat penyelesaian kuliah pada MOOC Indonesia yang masih relatif rendah menunjukkan diperlukannya evaluasi dari sisi desain instruksional, desain interaksi, dan usability. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pembelajaran pada aplikasi mobile Paytren Academy menerapkan prinsip desain instruksional dan desain interaksi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi usability desain kuliah pada Paytren Academy dan mengusulkan rekomendasi perbaikan desain instruksional dan desain antarmuka untuk Paytren Academy. Untuk mengevaluasi usability, penelitian ini menggunakan e-Learning Usability Scale for Higher Education, System Usability Scale (SUS), dan usability testing. Dalam melakukan proses desain, penelitian ini menerapkan metode User-Centered Design. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip desain intruksional dan desain interaksi pada Paytren Academy belum dilakukan secara penuh. Paytren Academy juga masih perlu meningkatkan aspek kehadiran pengajar pada aplikasi. Sementara itu, hasil dan analisis SUS menunjukkan bahwa aplikasi mobile Paytren Academy sudah memiliki usability yang baik. Namun, terdapat beberapa partisipan yang mengalami kesulitan ketika melakukan beberapa tugas pada usability testing karena beberapa hal seperti adanya pilihan menu yang kurang familier. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan perancangan desain alternatif sebagai rekomendasi perbaikan. Desain alternatif yang diajukan diharapkan dapat mendukung peningkatan efektivitas dalam belajar usability dari aplikasi mobile Paytren Academy. Kata kunci : MOOC, Paytren Academy, instructional design, interaction design, usability