Tidak ada review pada koleksi ini: 50784
ABSTRAK
Nama : Dhena Kamalia Fu’adi
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul : Analisis Dampak Kustomisasi Augemented Reality pada Aplikasi M-
Commerce terhadap Purchase Intention dengan Menggunakan Teori
Task-Technology Fit
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom
Implementasi fitur Augmented Reality (AR) try-on pada mobile commerce telah banyak
dilakukan, seperti pada produk pakaian, aksesoris, dan kecantikan. Produk lain yang juga
telah dikembangakan dengan AR try-on adalah furniture. Dengan adanya fitur ini,
pengguna dapat memvisualisasikan produk tiga dimensi pada lingkungan nyata tempat
pengguna berada. Namun, pada implementasi produk furniture saat ini, pengguna hanya
dapat mencoba produk yang tersedia, sementara itu banyak konsumen yang
membutuhkan fitur tambahan untuk dapat melakukan kustomisasi barang sehingga dapat
disesuaikan dengan kebutuhannya. Penelitian ini akan membahas mengenai implementasi
fitur kustomisasi produk dengan AR pada m-commerce dan melihat pengaruh dari fitur
tersebut terhadap niat beli pengguna (purchase intention). Implementasi kustomisasi
produk dengan AR dilakukan dengan memberikan pilihan kepada pengguna terhadap
produk-produk yang tersedia, sambil pengguna mencoba produk tersebut. Penelitian ini
mengidentifikasi pengaruh fitur dengan menggunakan teori Task-Technology Fit (TTF).
Karena keterbatasan device yang dimiliki penulis, maka fitur kustomisasi produk dengan
AR ini dibangun dengan menggunakan WebXR model-viewer. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa fitur mencoba produk dapat meningkatkan niat beli pengguna,
namun fitur kustomisasi tidak. Implementasi AR ini dapat dibangun dengan menerapkan
beberapa karakteristik, yaitu interactivity, vividness, informativeness, dan visual
aesthetic. Selain itu, teori TTF juga menunjukkan bahwa jika teknologi yang diterapkan
dapat memenuhi kebutuhan konsumen pada mobile commerce, maka dapat meningkatkan
keyakinan pengguna dalam menentukan pilihannya, dimana juga dapat mempengaruhi
niat pengguna berbelanja.
Kata Kunci:
Augmented Reality, Kustomisasi, M-Commerce, Purchase Intention, Task-Technology
Fit