Tidak ada review pada koleksi ini: 50907
ABSTRAK
Nama : Fikra Shafna Rahmania P. S., Najla Laila Muharram,
Qonita Nur Iffat
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMENGARUHI INTENTION TO ADOPT APLIKASI
CLOUD POINT OF SALE PADA USAHA MIKRO
KECIL MENENGAH DI INDONESIA
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom & Fathia
Prinastiti Sunarso, S.Kom., M.Sc.
Aplikasi cloud Point of Sale (POS) merupakan teknologi yang terlibat dalam melakukan
pencatatan penjualan, pembayaran, serta proses yang berkaitan di dalamnya dengan
memanfaatkan penyimpanan data di internet. Kegunaan dari aplikasi cloud POS
memberikan manfaat yang cukup besar bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
dalam menjalankan usahanya. Dengan mengintegrasikan teori technology affordance
dan teori Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2 (UTAUT2),
penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor technology affordance dari aplikasi cloud
POS dan faktor-faktor yang memengaruhi intensi penggunaan aplikasi cloud POS pada
pelaku UMKM. Penelitian ini dilakukan dengan mixed-method. Penelitian kualitatif
dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 10 narasumber pelaku UMKM yang
telah menggunakan aplikasi cloud POS. Pengolahan data kualitatif dilakukan dengan
menggunakan grounded theory. Kemudian, dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan 243 responden pelaku UMKM
yang telah menggunakan aplikasi cloud POS dan diolah dengan metode Structural
Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Penelitian ini berhasil
mengidentifikasi technology affordance aplikasi cloud POS berupa monitorability,
recordability, transactionability, decision supportability, dan accessibility. Melalui uji
PLS-SEM, penelitian ini menunjukkan jika performance expectancy, effort expectancy,
facilitating condition, social influence, dan price value memengaruhi intention to adopt.
Selain itu, ditemukan juga bahwa pelaku UMKM di Indonesia masih kurang sadar
terkait adanya risiko dari penggunaan teknologi cloud.
Kata kunci:
Cloud, Point of Sale, Technology Affordance, UTAUT, UMKM, Adopsi, Grounded
Theory, PLS-SEM