Tidak ada review pada koleksi ini: 51362
ABSTRAK
Nama : Ahmad Imam Fauzan, Aisha Salsabila, Karimah
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Rancangan dan Evaluasi Desain Antarmuka Aplikasi Pusat Kebugaran
Berdasarkan User-Centered Design: Studi Kasus IKIGAI Fitness
Pembimbing 1 : Dadan Hardianto, S.Kom., M.Kom.
Pembimbing 2 : Bintang Annisa Bagustari, S.Kom., M.Kom.
Kondisi fisik yang sehat dan tubuh yang bugar diperlukan manusia untuk dapat
menunjang aktivitas sehari-hari. Umumnya, salah satu cara seseorang mencapai dan
meningkatkan kebugaran fisiknya adalah dengan melalui olahraga di pusat kebugaran
yang merupakan salah satu tempat yang menaungi kegiatan guna mencapai tujuan
tersebut. IKIGAI Fitness hadir sebagai pusat kebugaran mega-gym di Kota Depok dan
Bogor. IKIGAI Fitness sendiri belum mengadopsi teknologi untuk menunjang
keseluruhan aktivitas bisnisnya. Melihat semakin banyaknya pusat kebugaran lain di
daerah Depok yang menawarkan teknologi lebih canggih serta harga membership yang
lebih murah, hal tersebut menjadi peluang bagi IKIGAI Fitness untuk dapat bersaing
dengan kompetitornya di era digital saat ini. Untuk dapat bersaing tersebut, dilakukan
penelitian terlebih dahulu mengenai desain antarmuka aplikasi pusat kebugaran IKIGAI
Fitness agar produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam
penelitian ini, digunakan pendekatan user-centered design untuk memastikan produk
memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna. Tahapan yang dilalui terdiri dari riset
kebutuhan pengguna, merancang solusi desain aplikasi, serta melakukan evaluasi solusi
desain dan perbaikan. Dihasilkan sebanyak 25 fitur untuk antarmuka member berbasis
mobile, 17 fitur untuk antarmuka manajemen berbasis web, 20 fitur untuk antarmuka
personal trainer berbasis mobile, dan 12 fitur untuk class instructor berbasis mobile.
Desain yang telah dirancang kemudian dievaluasi dengan metode usability testing (UT),
mayoritas skenario mendapatkan success rate sebesar 100% dengan nilai terkecil adalah
50%. Hasil skor System Usability Scale (SUS) yang diperoleh dari evaluasi desain,
yakni 87,19 pada antarmuka member, 90 pada antarmuka manajemen, 62,5 pada
antarmuka personal trainer, dan 86,25 pada antarmuka class instructor. Secara keselu ruhan rata-rata skor SUS adalah 81,485 yang termasuk kategori grade A, excellent,
acceptable, dan promoter. Dari hasil evaluasi, sebanyak 20 saran perbaikan diterima
dan diterapkan pada desain.
Kata kunci :
Pusat kebugaran, kebugaran, aplikasi pusat kebugaran, member, manajemen, personal
trainer, class instructor, user-centered design, UCD