Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2133 (Softcopy SK-1615)
Collection Type Skripsi
Title Rancangan dan evaluasi desain antarmuka aplikasi pusat kebugaran berdasarkan user-centered design: studi kasus ikigai fitness
Author Ahmad Imam Fauzan, Aisha Salsabila, Karimah;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2133 (Softcopy SK-1615) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51362
ABSTRAK Nama : Ahmad Imam Fauzan, Aisha Salsabila, Karimah Program Studi : Sistem Informasi Judul : Rancangan dan Evaluasi Desain Antarmuka Aplikasi Pusat Kebugaran Berdasarkan User-Centered Design: Studi Kasus IKIGAI Fitness Pembimbing 1 : Dadan Hardianto, S.Kom., M.Kom. Pembimbing 2 : Bintang Annisa Bagustari, S.Kom., M.Kom. Kondisi fisik yang sehat dan tubuh yang bugar diperlukan manusia untuk dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Umumnya, salah satu cara seseorang mencapai dan meningkatkan kebugaran fisiknya adalah dengan melalui olahraga di pusat kebugaran yang merupakan salah satu tempat yang menaungi kegiatan guna mencapai tujuan tersebut. IKIGAI Fitness hadir sebagai pusat kebugaran mega-gym di Kota Depok dan Bogor. IKIGAI Fitness sendiri belum mengadopsi teknologi untuk menunjang keseluruhan aktivitas bisnisnya. Melihat semakin banyaknya pusat kebugaran lain di daerah Depok yang menawarkan teknologi lebih canggih serta harga membership yang lebih murah, hal tersebut menjadi peluang bagi IKIGAI Fitness untuk dapat bersaing dengan kompetitornya di era digital saat ini. Untuk dapat bersaing tersebut, dilakukan penelitian terlebih dahulu mengenai desain antarmuka aplikasi pusat kebugaran IKIGAI Fitness agar produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan user-centered design untuk memastikan produk memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna. Tahapan yang dilalui terdiri dari riset kebutuhan pengguna, merancang solusi desain aplikasi, serta melakukan evaluasi solusi desain dan perbaikan. Dihasilkan sebanyak 25 fitur untuk antarmuka member berbasis mobile, 17 fitur untuk antarmuka manajemen berbasis web, 20 fitur untuk antarmuka personal trainer berbasis mobile, dan 12 fitur untuk class instructor berbasis mobile. Desain yang telah dirancang kemudian dievaluasi dengan metode usability testing (UT), mayoritas skenario mendapatkan success rate sebesar 100% dengan nilai terkecil adalah 50%. Hasil skor System Usability Scale (SUS) yang diperoleh dari evaluasi desain, yakni 87,19 pada antarmuka member, 90 pada antarmuka manajemen, 62,5 pada antarmuka personal trainer, dan 86,25 pada antarmuka class instructor. Secara keselu ruhan rata-rata skor SUS adalah 81,485 yang termasuk kategori grade A, excellent, acceptable, dan promoter. Dari hasil evaluasi, sebanyak 20 saran perbaikan diterima dan diterapkan pada desain. Kata kunci : Pusat kebugaran, kebugaran, aplikasi pusat kebugaran, member, manajemen, personal trainer, class instructor, user-centered design, UCD