Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2152 (Softcopy SK-1634)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan aplikasi 'tutorku': aplikasi pencarian tutor privat secara daring menggunakan metode user-centered design dan personalized learning
Author Fikri Akmal, Hilmy Akbar, Putu Wigunarta;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2152 (Softcopy SK-1634) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51388
ABSTRAK Nama - NPM : Kurnia Ilham Wijayadi - 1806147022 Muhamad Agung Yulianang - 1806191250 Samuel Anderssen - 1806191162 Program Studi : Sistem Informasi Judul : Evaluasi Pengalaman Pengguna dan Pengembangan Desain Antarmuka Alternatif Aplikasi e-Wallet: Studi Perbandingan GoPay, OVO, dan ShopeePay Pembimbing : Harry Budi Santoso, Ph.D. Lintang Matahari Hasani, S.Kom., M.Kom. E-Wallet telah menjadi sebuah sarana pembayaran yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap e-Wallet memiliki keunikan tersendiri. Dari penelitian yang sudah ada, belum ditemukan penelitian yang berfokus pada evaluasi pengalaman pengguna yang menyeluruh. Oleh karena itu, penelitian ini membahas pengalaman pengguna dengan mengevaluasi aplikasi GoPay, OVO, dan ShopeePay serta mengembangkan desain antarmuka alternatif untuk menjawab permasalahan tersebut. Desain antarmuka alternatif dikembangkan untuk memberikan pengalaman terbaik yang didasarkan kepada keunggulan dari ketiga aplikasi e-Wallet yang diteliti. Proses perancangan desain antarmuka dilakukan dengan metode User-Centered Design (UCD). Desain antarmuka yang diajukan mencakup pada fitur top-up dan pembayaran. Untuk menguji usability dari desain antarmuka yang diusulkan, dilakukan usability testing dan pengisian kuesioner system usability scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan desain antarmuka yang diajukan memiliki usability yang lebih baik daripada ketiga aplikasi-wallet yang diteliti. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai implikasi praktis tentang bagaimana pengembang aplikasi e-Wallet dapat mengembangkan aplikasi e-Wallet yang memiliki nilai usability yang baik. Lalu, penelitian ini juga dapat dijadikan implikasi teoritis tentang bagaimana penelitian ini menjelaskan komponen-komponen diperlukan dalam suatu e-wallet. Kata kunci: e-Wallet, User-Centered Design, desain antarmuka, pengalaman pengguna