Tidak ada review pada koleksi ini: 51413
ABSTRAK
Nama : Erasto Akbar Adjie, Nathania Calista, Raihan Rizqi Muhtadiin
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor Perilaku Perpindahan Pengguna dari Electronic
Marketplace ke Electronic Pharmacy
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc., Pramitha Dwi Larasati,
M.Kom.
Pandemi COVID-19 telah memicu pergeseran kebiasaan belanja obat-obatan masyarakat
dunia, termasuk Indonesia, ke platform daring seperti electronic marketplace (emarketplace) atau electronic pharmacy (e-pharmacy). Namun, peristiwa-peristiwa yang
telah lalu menunjukkan bahwa berbelanja obat melalui e-marketplace tidak selalu
terjamin kualitas dan keamanannya, apalagi obat adalah produk berisiko tinggi (high-risk
product). Berangkat dari isu tersebut, penelitian ini ingin mempelajari faktor-faktor yang
dapat membuat masyarakat Indonesia mau beralih ke e-pharmacy yang dikelola langsung
oleh pihak kefarmasian sehingga dapat menawarkan proses dan produk yang lebih aman.
Untuk meneliti hal tersebut, penulis menggunakan teori Push-Pull-Mooring dan DeLone
and McLean IS Success Model. Data dalam penelitian ini dikumpulkan secara kuantitatif
melalui kuesioner yang diisi oleh 778 responden dan kualitatif melalui wawancara dengan
tiga puluh narasumber. Data kuantitatif yang diperoleh diolah dengan PLS-SEM,
sedangkan data kualitatif diolah dengan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa push factor, pull factor, dan mooring factor berpengaruh terhadap switching
intention ke e-pharmacy, yang kemudian berpengaruh terhadap switching behavior. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak e-marketplace dalam
memberikan kualitas dan keamanan yang diharapkan oleh penggunanya, regulator agar
dapat menekankan regulasi yang lebih ketat di e-marketplace, dan e-pharmacy agar dapat
memperkuat fitur yang menjadi nilai lebih dari e-marketplace.
Kata kunci: e-marketplace, e-pharmacy, switching intention, switching behavior,
push-pull-mooring, IS Success Model, PLS-SEM