Tidak ada review pada koleksi ini: 51458
ABSTRAK
Nama : Nurdiana Putri, Yadhit Prasetya
NPM : 1906399871, 1906353725
Judul : ANALISIS PENGARUH TRUST DAN PRIVACY
TERHADAP ACTUAL PURCHASE DI TIKTOK SHOP
PADA GEN-Z
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc.; Hana Fitriani,
S.Kom, M.Sc.
TikTok merupakan salah satu aplikasi media sosial dengan pertumbuhan pengguna yang
sangat pesat di Indonesia, terutama pada kelompok usia 14 hingga 30 tahun. Pada paruh
akhir tahun 2021, TikTok mengimplementasikan fungsi e-commerce pada aplikasi yang
menjadikan aplikasi TikTok sebagai salah satu platform social commerce. TikTok Shop
memanfaatkan media video singkat, rangkaian gambar dan livestreaming yang dapat
digunakan seller untuk berjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana
pengaruh dari trust in seller dan privacy concern pengguna terhadap perilaku pembelian
sebenarnya di TikTok Shop. Penelitian ini dibangun menggunakan kerangka dari Trust-
Transfer Theory dan Theory of Security Assurance yang telah digunakan pada penelitian
lain tentang social media dan social commerce. Penelitian ini dilaksanakan dengan
metode mixed-method yang menggunakan analisis PLS-SEM dan Content Analysis.
Pendekatan kuantitatif ini diikuti oleh 717 responden. Hasil pengolahan kuantitatif yang
dilaksanakan pengujian kembali dengan pendekatan kualitatif, dengan melakukan
wawancara kualitatif yang diikuti oleh 30 responden. Penelitian ini menemukan bahwa
tidak semua source of trust building (perceived familiarity, situational normality, trust in
platform dan social interactivity) memiliki pengaruh yang sama dan mendukung trust in
seller, baik secara kognitif atau emosional. Penelitian ini juga menemukan faktor-faktor
dari security assurance signal (privacy/security policy. assurance seal, dan disposition to
third-party certification) memiliki pengaruh terhadap privacy concern konsumen.
Kemudian trust in seller dan privacy concern terbukti mempengaruhi intensi belanja
konsumen, yang juga memiliki pengaruh terhadap perilaku belanja sebenarnya dari
konsumen. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan
dan seller di social commerce untuk dapat meningkatkan perilaku belanja sebenarnya dari
konsumen. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi
bagi penelitian yang akan datang terkait tentang topik ini.
Kata Kunci: Social Commerce, Trust-Transfer Theory, Theory of Security Assurance,
Seller, Konsumen, Privacy Concern, Cognitive Trust, Emotional Trust,
Actual Purchase.