Call Number | SK-2233 (Softcopy SK-1715) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Pengembangan Desain Antarmuka Aplikasi Layanan Kesehatan Klinik Satelit UI Makara Dengan Pendekatan User-Centered Design |
Author | Aisyah Indonesia Mazaya Zayn Zalfa Luqyana Akifah; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2233 (Softcopy SK-1715) | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama Mahasiswa : Aisyah Indonesia Mazaya Zayn dan Zalfa Luqyana Akifah Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Desain Antarmuka Aplikasi Layanan Kesehatan Klinik Satelit UI Makara dengan Pendekatan User-Centered Design Pembimbing 1 : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Pembimbing 2 : Dr. Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng. Reservasi online untuk layanan tertentu pada Klinik Satelit UI Makara (KS UI Makara) dilakukan melalui beberapa platform yang berbeda. Per Februari 2023, reservasi online konsultasi janji temu poli umum dan poli gigi dilakukan melalui aplikasi DoctorTool Mobile, reservasi online konseling melalui situs konselingmakaraui.wixsite.com/seekhelp, dan reservasi online lab melalui situs reservasi.ehealth.co.id/kliniksatelitui. Saat ini, proses reservasi untuk setiap layanan KS UI Makara masih belum tersentralisasi dalam suatu sistem yang utuh. Tidak hanya untuk proses reservasi, sistem layanan kesehatan KS UI Makara juga memiliki potensi untuk ditingkatkan guna mendukung kebutuhan masyarakat dalam hal layanan kesehatan digital lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain antarmuka aplikasi layanan kesehatan Klinik Satelit UI Makara dengan pendekatan user-centered design . Dalam merancang solusi desain antarmuka, penulis mengikuti prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design sebagai acuan. Berdasarkan hasil survei dan wawancara, terdapat sebanyak 24 fitur yang berhasil diidentifikasi. Setelah rancangan berhasil dibuat, tahap evaluasi desain dilaksanakan dengan menggunakan empat instrumen, yaitu Usability Testing (UT), Single Ease Question (SEQ), wawancara kontekstual, dan System Usability Scale (SUS). Hasil usability testing memberikan hasil di atas rata-rata dan berada di kuartil teratas, yaitu sebesar 92%. Selanjutnya, nilai SEQ yang diperoleh adalah 6,48 dari 7. Desain aplikasi MakaraHealth mendapatkan skor rata-rata SUS sebesar 83,13 dan mendapatkan grade A. Hal ini menyimpulkan bahwa aspek usability dan visibilitas desain dari aplikasi MakaraHealth tergolong sangat baik. Kata Kunci: E-health, desain antarmuka, user-centered design , reservasi online